Friday, July 22, 2022

10:36 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bambang Susantono Pastikan Penduduk Lokal akan Jadi Bagian Pembangunan IKN.

Bambang Susantono Pastikan Penduduk Lokal akan Jadi Bagian Pembangunan IKN


Bambang Susantono Pastikan Penduduk Lokal akan Jadi Bagian Pembangunan IKN

Posted: 20 Jul 2022 05:48 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono memastikan bahwa penduduk lokal di lokasi IKN akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri. Untuk itu, pihaknya akan mempersiapkan penduduk lokal dan membekali mereka dengan berbagai pelatihan yang akan dibutuhkan nantinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Otorita IKN dalam keterangannya selepas mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022.

"Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat, apakah itu lembaga swadaya masyarakat, apakah itu akademisi, apakah itu CSR dari beberapa BUMN atau perusahaan untuk reskilling, upskilling. Jadi memberikan skill-skill yang insyaallah dibutuhkan oleh para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah bermukim di kawasan IKN, sehingga nantinya mereka juga akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri," ujar Bambang.

Dalam rapat tersebut, Bambang juga melaporkan terkait persiapan pembangunan sejumlah pekerjaan infrastruktur bangunan-bangunan inti yang rencananya akan pertama dibangun pada bulan Agustus mendatang. Persiapan tersebut mencakup antara lain konsolidasi soal lahan hingga akses logistik.

"Utamanya kita akan melihat di lapangan misalnya pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan land consolidation, land clearing, misalnya pematangan tanah kemudian juga akses-akses logistik itu akan segera dipersiapkan, dengan harapan agar nanti di tahun depan itu memang kita sudah mulai full scale, dalam skala penuh untuk membangun infrastruktur dan bangunan-bangunan inti," ungkapnya.

Di samping pembangunan infrastruktur, pada bulan Agustus juga Badan Otorita IKN akan melakukan jajak pasar untuk menampung ketertarikan elemen masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam pembangunan di IKN. Bambang mencontohkan, di kawasan inti pusat pemerintahan akan ada berbagai pembangunan fasilitas mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga fasilitas kebutuhan sehari-hari dan hiburan.

"Jadi pada intinya yang akan kita bangun tidak hanya bangunan fisik, tetapi juga bagaimana kita membangun satu ekosistem dari satu kota yang layak huni. Itu tadi kami di 2024 sehingga nantinya satu komplet ya satu ekosistem perkotaan yang komplet dari fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas sehari-hari kemudian, fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan amusement center. Bagaimana kita nanti akan berwisata di sana dan sebagainya itu akan terangkum dan terajut dengan baik di kawasan inti pusat pemerintahan IKN," jelasnya.

Bambang mengatakan, Presiden Jokowi pun memberikan arahan agar semua hal tersebut disiapkan dengan segera agar pembangunan IKN bisa sesuai dengan tenggat waktu yang telah direncanakan oleh pemerintah.

"Bapak Presiden menyampaikan arahan untuk sesegera mungkin mempersiapkan ini semua sehingga nantinya kita akan bisa tetap menjaga target-target, on the track istilahnya yang akan kita canangkan pada tahun 2024 mendatang," tandasnya. (Setpres)
 

Joko Widodo MInta Jajaran Menterinya Siapkan Kebutuhan Gula Nasional

Posted: 20 Jul 2022 08:58 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo mendorong jajarannya untuk mempersiapkan kebutuhan gula nasional dengan baik. Hal itu karena gula merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang berpengaruh pada terjadinya inflasi, serta terpengaruh berbagai disrupsi dan pengurangan importasi dari negara-negara lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangannya seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 20 Juli 2022.

"Bapak Presiden mengharapkan dalam waktu yang sangat cepat ada langkah-langkah bersama antarkementerian baik pertanian, BUMN, perdagangan, perindustrian untuk mencoba mempersiapkan berbagai hal untuk minimal mempersiapkan kebutuhan gula nasional kita secara baik," tutur Syahrul.

Syahrul menjelaskan bahwa kebutuhan gula nasional secara umum adalah 7,3 juta ton, terdiri dari kebutuhan konsumsi 3,2 juta ton dan industri 4,1 juta ton. Sementara, jumlah produksi gula nasional masih sangat rendah, yakni 2,35 juta ton. Untuk itu, Presiden memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan langkah memperkuat pemenuhan gula konsumsi.

"Bapak Presiden memerintahkan agar langkah untuk memperkuat gula konsumsi harus dilakukan, berarti ada 850 ribu ton untuk dipersiapkan. Saya mendapatkan perintah bersama menteri lain, Menteri BUMN lebih khusus untuk mempersiapkan baik rawat ratoon dari tebu maupun bongkar ratoon, artinya ada lahan-lahan intensifikasi dan lahan-lahan ekstensifikasi yang harus digarap secara persamaan," ucapnya.

"Sementara untuk gula-gula industri masih diharapkan secara bertahap kita akan masuk, tapi apa yang ada sekarang, kita berharap dapat kita pertahankan untuk bisa memenuhi kebutuhan industri kita," ujar Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul menuturkan bahwa Presiden Jokowi terus memonitor secara berkala mengenai masalah pangan. Presiden pun menginstruksikan kementerian terkait untuk dapat memberikan dukungan dalam memperkuat kebutuhan gula konsumsi nasional.

"Menteri BUMN diberikan arahan untuk mulai dari hulu sampai hilir terlibat, dan menteri lain tentu saja sesuai dengan teknis kementerian atau tugas kementerian lain untuk memberi dukungan agar Menteri BUMN bisa melangkah lebih cepat memperkuat kebutuhan-kebutuhan gula konsumsi kita khususnya, dan secara bertahap akan masuk pada gula industri yang cukup besar itu," tuturnya. (Setpres)

Ali Fikri Bantah Ricky Ham Pagawak Kabur Karena Informasi Penjemputan KPK Bocor

Posted: 20 Jul 2022 08:29 AM PDT

Ali Fikri Bantah Ricky Ham Pagawak Kabur Karena Informasi Penjemputan KPK Bocor.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah kaburnya tersangka Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng), Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP) saat hendak dijemput paksa karena informasi bocor.

"KPK memastikan isu lolosnya tersangka dari upaya penjemputan paksa oleh tim penyidik karena adanya kebocoran informasi adalah tidak benar," ucap plt juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa 19 Juli 2022.

Ali mengatakan berbagai upaya penghindaran dari para tersangka merupakan hal yang sering terjadi. "Dengan berbagai cara, mereka akan melarikan diri dari kejaran tim penyidik dan menyembunyikan aset hasil tindak pidana korupsinya dari petugas" ucap Ali.

KPK memastikan dalam proses penanganan kasus yang menjerat Ricky Ham Pagawak dilakukan dengan penyelidikan dan penyidikan secara terbuka.

Dalam proses pengumpulan informasi dan keterangan yang dibutuhkan tim, KPK dapat memanggil pihak terkait melalui surat dinas atau meminta data dan informasi yang dibutuhkan kepada instansi/lembaga yang memiliki data dan informasi tersebut.

"Ketika penanganan perkara naik ke tahap penyidikan, meskipun KPK tidak mengumumkannya kepada publik sebelum adanya upaya paksa, KPK tetap menyampaikan SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) kepada pihak terkait sebagaimana prosedur dan ketentuannya. Artinya, para pihak terkait telah mengetahui status hukumnya setelah menerima SPDP tersebut," katanya.

Dengan telah mengetahui statusnya sebagai tersangka, KPK mengharapkan pihak tersebut kooperatif dalam proses hukum berikutnya. Namun, KPK menyayangkan pihak-pihak terkait melakukan tindakan yang tidak kooperatif.

"Tindakan ini tentu akan membuat proses hukum terhambat dan memakan waktu lama. Padahal, KPK selalu berkomitmen untuk menyelesaikan setiap penanganan perkara korupsi secara terbuka, efektif, dan efisien agar semua pihak yang berperkara segera mendapatkan kepastian hukum," ujar Ali.

Sebelumnya, Tim Penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan kedua kepada Ricky Ham Pagawak untuk diperiksa sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 14 Juli 2022. Namun, ia tidak hadir memenuhi panggilan tersebut tanpa dasar argumentasi hukum yang sah.

KPK selanjutnya berupaya menjemput paksa kepada tersangka tersebut di wilayah Papua, namun tidak menemukan keberadaan yang bersangkutan. Diduga, tersangka telah melarikan diri ke Papua Nugini.

Untuk mengungkap keberadaan tersangka tersebut, tim penyidik KPK telah memanggil dan memeriksa berbagai pihak di antaranya orang-orang terdekat tersangka yang diduga turut membantu proses pelarian. (Tempo)

Jadi Tersangka Penganiaya Kakak Angkat, Polisi akan Panggil Selebgram Ayu Aulia

Posted: 20 Jul 2022 08:21 AM PDT

Jadi Tersangka Penganiaya Kakak Angkat, Polisi akan Panggil Selebgram Ayu Aulia.lelemuku.com.jpg

JAKARTA SELATAN, LELEMUKU.COM - Tim penyidik Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan selebgram Ayu Aulia sebagai tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan terhadap kakak angkatnya, Ade Ratna Sari.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto mengatakan penetapan Ayu sebagai tersangka ini baru diterapkan hari ini. Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) pun telah diterima Ade selaku terlapor.

"Benar, baru ditetapkan tersangka," kata Budhi di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022.

Setelah penetapan ini, tim penyidik akan melayangkan surat pemanggilan kepada selebgram itu untuk diperiksa kembali sebagai tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan. Meski begitu, dia belum bisa memastikan waktu pemanggilannya.

"Penyidik akan melakukan pemanggilan, tapi surat panggilannya sedang berproses," ucap Budhi.

Ayu Aulia,yang juga merupakan seorang model, sebelumnya dikabarkan melakukan percobaan bunuh diri. Namun pada Maret 2022 dia malah dilaporkan oleh Ade Ratna Sari dalam dugaan kasus penganiayaan.

Mulanya Ade melaporkan kasus ini ke Polsek Metro Setiabudi, namun penyelidikan kasus ini kemudian ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan.

"Penanganan kami tarik agar memudahkan penyelidikan maupun penyidikan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kmisaris Besar Budhi Herdi Susianto di Jakarta, Jumat, 4 Maret 2022.

Dia mengatakan, kasus ini diselidiki bersamaan dengan kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan Ayu Aulia beberapa waktu lalu.

"Saya perintahkan melalui Kasat Reskrim untuk ditarik, disatukan penanganannya dengan perkara percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh Ayu," kata Budhi.

Ayu Aulia diduga mencoba bunuh diri di sebuah apartemen di Jakarta Selatan pada Selasa, 22 Februari 2022. Saat itu polisi menduga Ayu hendak mengakhiri hidupnya akibat depresi.

Pada saat itu, Kapolsek Setiabudi Komisaris Beddy Suwendi mengatakan, ditemukan banyak bercak darah di kamar Ayu Aulia. Ayu kemudian dirawat di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Beddy menuturkan asisten Ayu Aulia, Timoti N. Hamonangan, melaporkan percobaan bunuh diri itu ke petugas keamanan apartemen. Sejam kemudian petugas melaporkannya ke Polsek Setiabudi. "Pada saat olah TKP ditemukan banyak bercak darah di sofa ruang tamu, di selimut dan seprai yang ada di kamarnya, dan juga di kamar mandi," katanya. (Arrijal Rachman | Tempo)