Friday, August 17, 2018

10:16 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Taptu dan Renungan Suci Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73 di Maluku.

Taptu dan Renungan Suci Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73 di Maluku


Taptu dan Renungan Suci Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73 di Maluku

Posted: 17 Aug 2018 08:06 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, TNI-Polri dan Pemda memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawan kepada masyarakat kota Ambon.

Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, tradisi-tradisi yang rutin dilaksanakan adalah Taptu (Pawai Obor) serta Renungan Suci dan Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha.

Taptu atau Pawai Obor digelar setiap tanggal 16 Agustus pada pukul 18.30 WIT. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI-Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, serta para pelajar. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.

Suasana malam Taptu terlihat sakral. Gelapnya malam diwarnai oleh api obor yang menyala dengan diiringi nyanyian lagu-lagu perjuangan yang dikumandangkan para peserta membuat keadaan semakin syahdu. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.

Selain Taptu, kegiatan lainnya adalah Renungan Suci dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha. Kegiatan ini berlangsung tepat pada pergantian hari pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIT. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto, serta turut dihadiri oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Suko Pranoto , Danlantamal IX Ambon Laksamana Antongan Simatupang, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo dan seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Renungan Suci dan Ziarah Makam tersebut dilakukan untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Melalui kegiatan diharapkan, generasi penerus dapat meneladani sikap, semangat, dan pengorbanan yang telah dilaksanakan oleh para pahlawan Bangsa.

Tradisi Taptu dan Renungan Suci merupakan tradisi rutin menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di Ambon. Diharapkan melalui kegiatan tersebut, pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan tersebut tidak akan sia-sia, melainkan akan terus diingat, dan dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa berikutnya. (Pendam16)

Hutagalung Day-2 ‘2018’ Dihadiri 3500 Keturunan Siraja Hutagalung

Posted: 17 Aug 2018 08:05 AM PDT


Media Nasional Obor Keadilan | Jakarta | Kemeriahan silaturahmi marga Siraja Hutagalung dan Boru Sejabodetabek berlangsung sukses dalam acara Hutagalung Day-2 tahun 2018 dilapangan Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur Jakarta Timur.

Tidak tanggung-tanggung, acara tersebut dihadiri sekitar 3500 keturunan Siraja Hutagalung Boru dan Bere, sukses acara tersebut berkat kerja keras panitia yang diketuai Haposan Hutagalung SH.

Acara Hutagalung Day-2 berketepatan pada HUT Kemerdekaan RI pada Jumat 17/08/18 dimulai dari jam 07.00 Wib sampai selesai jam 17.00 Wib, dan dibarengi dengan mengheningkan cipta untuk para Pahlawan.

Hutagalung Day-2 2018 acara kebersamaan dimulai dengan ibadah secara Kristen juga ada acara ibadah secara Muslim, untuk ibadah Kristen dikoordinir oleh St. Leo Hutagalung dan St. Birma Hutagalung juga ibadah Muslim dikoordinir oleh DRS. Ramses Hutagalung MM dan Ust. Ibrahim Hutagalung.

Dengan tema Indahnya Kebersamaan dan Indahnya Keberagaman, pesan dari DRS. Yocky Marihot Hutagalung ketua umum Hutagalung sejabodetabek "Hutagalung apapun alasannya harus tetap bersatu".
"saya tau, disini banyak Caleg-caleg dari berbagai partai, kita harus kembali ke UUD 45 yang murni, harga mati untuk NKRI, supaya kita merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari semua keterpurukan, menyenangkan hati Tuhan dan menyenangkan hati sesama, kita harus bangga jadi Hutagalung" tegas Yocky dengan nada bersemangat dalam kata sambutannya.

Acara juga dimeriahkan oleh artis-artis diantaranya, Joy Tobing, Tika Hutagalung,Vanda Hutagalung, Olive Hutagalung yang telah membuat para hadirin bergembira lewat musik Tor-tor dan tarian massal Mahumere.

Turut hadir dalam acara Hutagalung Day-2 E.S Maruli Hutagalung SH,MHum mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, yang sekarang maju sebagai caleg dari partai Nasdem untuk DPR-RI 2019 dapil 1 Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo).

Juga Basaria boru Hutagalung Caleg dari partai Nasdem untuk DPRD DKI, Frestin Hutagalung caleg dari partai Garudan untuk DPR-RI, dan Edward Berman Hutagalung,ST Caleg dari partai Golkar dapil 9 Sumut untuk DPRD Prov. Sumatera Utara.

Akhir acara para yang hadir masih bertahan untuk mengikuti pengundian kupon berhadiah door prize dengan hadiah 2 sepeda motor, Televisi dan Kulkas. (Nahor)

Editor : Yuni
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Hutagalung Day-2 '2018' Dihadiri 3500 Keturunan Siraja Hutagalung . Silahkan membaca berita lainnya.

Petugas RSU Namrole Diperkosa

Posted: 17 Aug 2018 08:02 AM PDT

BERITA MALUKU. Kasus pemerkosaan terhadap Mawar (bukan nama sebenarnya) salah satu pegawai Rumah Sakit Umum (RSU) Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggemparkan masyarakat, Kamis (16/8).

Informasi yang diperoleh media ini menyebutkan bahwa, pelaku diketahui bernama Rijal Papalia (24), pelaku bertempat tinggal di Desa Labuang. Sedangkan korban adalah pegawai RSU Namrole, beralamat yang sama dengan pelaku yakni di desa Labuang Kecamatan Namrole Buru Selatan.

Kapolsek Namrole AKP Yamin Selayar kepada wartawan di RSU Namrole, Jumat (1/8/2018) mengatakan, sampai saat ini terkait dengan kejadian semalam, tersangka sudah ditangkap dan sudah diamankan di Mapolsek Namrole. Sedangkan untuk korban sementara berada di rumah sakit untuk perawatan.

Kronologisnya, jelasnya bahwa tersangka ini bersama teman-temannya kurang lebih tiga orang berada di rumah sakit karena salah satu temannya ada keluarganya yang sakit.

'Mereka berteman, mereka menemani dan datang ke rumah sakit," kata kapolsek.

Jelasnya lagi, pelaku menghilang sebentar dengan alasan mencari minuman (sopi). Pelaku menghilang kurang lebih 30 menit.

"Pelaku menghilang selama 30 menit dan kembali, tetapi sudah ada kejadian (pemerkosaan) terjadi," ujar Kapolsek.

Kata Kapolsek, peristiwa pemerkosaan itu terjadi di ruang apotik karena korban adalah pegawai rumah sakit dan saat itu korban sedang bertugas jaga di situ.

Jelas Kapolsek lagi, awal kejadian itu pihaknya belum tahu, setelah dilakukan integorasi awal dari pihak Rumah Sakit ke teman-teman korban barulah pihaknya memperoleh bukti-bukti siapa pelakunya.

"Pelaku dia sempat menghilang dari teman-temannya itu setelah kejadian, dia sempat mengganti bajunya, baju dan celana, baju kami tidak ketemu hanya celana di TKP, jelasnya.

Setelah dilakukan penyelidikan awal dari teman-teman korban maka diketahui pelaku dan dilakukan penjemputan kepada pelaku di rumahnya di desa Labuang Kecamatan Namrole Buru Selatan.

"Pelaku bernama Rijal Papalia (19) dan korban tinggal di desa Labuang. Pelaku telah diamankan di Polsek Namrole," kata kapolsek.

Pelaku diancam dengan pasal pemerkosaan yang disertai dengan pengaaniyaan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Sementara itu Direktur RSU Namrole, Sabaha Patta kepada wartawan ,Jumat (17/8/2018) mengatakan, korban saat ini sedang dalam perawatan dokter untuk dilakukan visum.

"Langkah selanjutnya arahan dokter kemana, apakah dirujuk, kami akan lakukan," ujar Patta.

Dikatakan, bagaimanapun korban adalah pegawai RSU Namrole yang sedang bertugas piket malam. Sebagai pimpinan Patta siap mengambil langkah secepatnya untuk memberikan perawatan kepada korban.

Kata Patta, dengan adanya peristiwa ini pihaknya akan memperketat sistim penjengukan oleh masyarakat dengan cara membatasi jumlah orang yang datang.

Patta juga akui terkadang ada masyarakat yang datang menjaga keluarganya yang sakit meminum minuman keras (sopi).

Untuk pengamanan, Patta aku pula bahwa itu adalah kelalaian petugas (security). Dikatakan, tugas jaga dari security sebanyak 9 orang dibagi dalam tiga sift 1×24 jam secara bergantian.

Sementara dari keluarga korban sangat menyayangkan sistim pengamanan di rumah sakit. Menurut keluarga sehingga terjadi hal-hal yang merugikn secara moral dan fisik terhadap saudara perempuan mereka

"Kami dari pihak keluarga berharap peristiwa ini menjadi pelajaran dan pengalaman agar pihak pemda terutama pihak rumah sakit agar dapat merubah sistim (pengamanan) ini," pintah Abdulwahab Sangadji kepada wartawan.

Terhadap kasus ini, Sangadji atas nama pihak keluarga korban berharap kepada pihak kepolisian agar mengusut kasus ini sampai tuntas.

"Kami menduga kasus ini ada pelaku lebih dari satu orang, kami juga meminta pihak kepolisian memberikan angin segar kepada pihak keluarga korban," pintanya. (azmi)

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Petugas RSU Namrole Diperkosa . Silahkan membaca berita lainnya.

Menpora Cup, Sepak Bola U-16 Bursel Wakili Maluku di Tingkat Nasional

Posted: 17 Aug 2018 08:02 AM PDT

BERITA MALUKU. Tim sepak bola Bipolo Buru Selatan (Bursel) U-16 menjuarai Piala Menpora Cup tingkat Provinsi Maluku, dan akan mewakili Maluku di kejuaraan Menpora Tingkat Nasional yang akan berlangsung di Bali nanti.

Tim sepak bola U-16 Buru Selatan bersama pelatih dan official tiba dengan piala mereka di Kantor Bupati, bersama Kepala Bidang Prestasi KONI Buru Selatan, Nicko Sopacua, disambut Wakil Bupati Bursel, Ayub Seleky, Jumat sore (17/8).

Laporan pelatih Bipolo U-16 tim Bipolo I, Dar menyebutkan bahwa, pada pertandingan babak penyisihan Tim Sepak Bola Bursel sebagai Raner Up Grup.

Pada semi final, Tim Bursel melawan tim sepak bola Hatusa dari SBB dan Bipolo Bursel menang 2-1. Atas kemenangan itu tim Bipolo Bursel melaju ke final melawan tim Maihanu dan tim Bipolo Bursel menang 1-0.

"Atas nama tim Bipolo saya ucapkan terima kasih kepada pemda yang telah mendukung sepenuhnya dalam Menpora Cup," kata Dar sebagai juru bicara tim.

Dan nantinya pada tanggal 2 September nanti Tim Bipolo U-16 ini sudah harus berada di Bali untuk lakukan persiapan pada pertandingan Menpora tingkat nasional, yang akan diikuti oleh 28 provinsi di Indonesia.

"Untuk Maluku kita yang mewakili, sesuai jadwal dari tangal 2-9 Nopember dilaksanakan (pertandingan) di Bali," ujarnya.

Dikatakan, tim meminta dukungan dari pemda Bursel dan doa dari seluruh masyarakat Bursel.

Wakil Bupati Ayub Seleky mengatakan, pemda memberikan apresiasi dan semangat yang sungguh bahwa tidak diduga-duga, di Buru Selatan yang sepuh dari kompetisi ternyata ada bakat yang terpendam.

"Jika itu muncul dan dibina untuk berkonsolidasi dalam permainan sepak bola, ternyata mampu menghasilkan yang luar biasa yang besar bagi kabupaten ini," sebut Seleky didampingi Angita Pengurus KONI Bursel Bidang Prestasi Nicko Sopacua dan Kabag Humas Setda Bursel Arens Solissa.

"Atas nama pemerintah daerah saya mentampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala karya besar bagi pelatih dan anak-anak (pemain) sekalian yang telah menyumbangkan sebuah penghargaan yang terbaik bagi kabupaten ini, di Maluku," tutur Seleky.

Kata Seleky, dengan keterbatasan yang dimiliki kita butuh pembinaan dan pembenahan yang lebih maksimal.

"Anak-anak ini berangkat (bertanding) membawa panji-panji daerah, dan ketika panji daerah kita kibarkan dimana-mana, maka satu pesan saja, pergi dan menang," kata Seleky. Sambungnya, vini vidi vici, semangat olahraga seperti itu harus ada.

Kata Seleky lagi bahwa, bertepatan dengan HUT RI Ke-73, Buru Selatan mendapat penghargaan yang luar biasa dengan harapan persepak bolan di Buru Selatan tidak berakhir dengan penghargaan sebuah piala. Tetapi ada lagi tingkatan yang lebih ringgih dan lebih jauh lagi.

"Sudah dapat dipastikan kalian akan menjadi duta-duta Maluku yang akan mewakili provinsi kita pada level nasional di kota Bali," ujar Seleky.

Seleky berharap kepada Pemda dan KONI agar memberikan perhatian yang sungguh atas prestasi besar yang telah dicapai dan tidak sampai (pemain) terbengkalai.

"Saya tidak berjanji kalau saya ada waktu saya akan bersama-sama menyaksikan pertandingan perdana kalian di Bali," kata Seleky dengan harapan agar terus berlatih dengan sungguh-sungguh. (AZMI)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Menpora Cup, Sepak Bola U-16 Bursel Wakili Maluku di Tingkat Nasional . Silahkan membaca berita lainnya.

Kasdam Pimpin Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke -73

Posted: 17 Aug 2018 08:02 AM PDT

BERITA MALUKU. Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Gunawan selaku Inspektur Upacara memimpin Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, umat (1/8/2018), bertempat di Lapangan Upacara Makodam XVI/Pattimura.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ini diikuti ole seluruh Pejabat Utama, Prajurit, PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura dan Korsik dari Ajendam XVI/Pattimura. Upacara berlangsung tertib dan khidmat.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, Momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk melaksanakan evaluasi terhadap eksistensi Bangsa Indonesia saat ini, serta berintrospeksi atas karya apa yang telah kita dedikasikan untuk menjaga eksistensi tersebut.

Setelah 73 tahun kemerdekaan, Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai kemajuan di segala bidang baik bidang ekonomi, politik, sosial dan pertahanan yang disegani di dunia.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini kita mengambil tema Kerja Kita, Prestasi Kita, Sesuai dengan tema tersebut.

"Saya berharap agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme,  tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan," ujar Kasad.

"Kesungguhan untuk mencapai prestasi merupakan wujud nyata rasa syukur kita kepada Tuhan atas anugerah kemerdekaan ini, sekaligus penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada Bangsa ini," tegas Kasad.

Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Kasdam Pimpin Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke -73 . Silahkan membaca berita lainnya.

BUPATI BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PENURUNAN BENDERA MERAH PUTIH HUT RI KE 73 TAHUN 2018 DI ALUN -ALUN LUMAJANG

Posted: 17 Aug 2018 07:34 AM PDT


Lumajang,(sekilasmedia.com) -- Upacara penurunan Bendera Merah Putih HUT RI ke-73, berjalan khidmat di Alun - alun Kabupaten Lumajang, Jum'at (17/8) sore.

Upacara Penurunan Bendera itu   dilaksanakan pukul 16.00 Wib, Nampaknya sebelum Upacara di mulai, Bupati Lumajang Drs. As'at, M. Ag., beserta Forkopimda  menyaksikan suguhan penampilan  POCIL, atau di sebut juga dengan Polisi Cilik binaan Polres Lumajang. Para undangan dan peserta turut menyaksikan pertunjukan Marching Band Gita Wira Bhakti Lumajang.

Dalam Upacara tersebut Bupati Lumajang, Drs. H. As'at, M.Ag., sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan bertindak sebagai perwira Upacara yaitu Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhar Ma'arif, S. Sos, M. H., serta sebagai Komandan Upacara yakni Kasubag Bin Ops Polres Lumajang, AKP Ernowo, S.H.

Petugas Penurunan Bendera Merah Putih adalah Nadhif Nur Rahmansyah dari Siswa SMA Negeri 1 Pasirian, Mohammad Akbar Atha dari SMK Negeri 1 Pasirian Lumajang, Abdillah Akbar Wahyu Utama dari SMA Negeri 1 Pasirian, serta yang mengiringi pelaksanaan penurunan bendera adalah Siswa siswi SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Lumajang, di samping pada Upacara penurunan bendera Bupati menerima bendera Merah Putih yang di serahkan oleh Sdri. Intan Hayati dari SMA Negeri 1 Senduro.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan penghargaan kepada peserta upacara terbaik dalam mode kerapian perlekapan dan kekompakan, diantaranya juara terbaik 1 dari SMK Muhammadiyah Lumajang, juara terbaik 2 dari SMA PGRI Lumajang dan Juara terbaik 3 SMK PGRI Lumajang,"pungkasnya(kar)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang BUPATI BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PENURUNAN BENDERA MERAH PUTIH HUT RI KE 73 TAHUN 2018 DI ALUN -ALUN LUMAJANG . Silahkan membaca berita lainnya.

*Dandim 0815 Mojokerto Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI*

Posted: 17 Aug 2018 07:34 AM PDT



MOJOKERTO, Sekilasmedia. Com- Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH  menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 di Lapangan GOR A. Yani Kota Mojokerto Jalan Trunojoyo, Magersari Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jum'at (17/08/2018).

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 mengusung tema "Kerja Kita Prestasi Bangsa", bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Mojokerto Ir. H. Suyitno, M.Si, sementara Komandan Upacara dijabat Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Kasim dan Perwira Upacara dijabat Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf  Didik Budi Santoso. 

Hadir dalam upacara tersebut, antara lain Danrem 082/CPYJ diwakili Kasrem 082/CPYJ Letkol Inf Moch. Sulistiono, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setyono, SH, S.IK, M.Sc (Eng), Kajari Kota Mojokerto DR. Halila Rama Purnama, SH, MH, Ketua PN Mojokerto Muslim, SH, MH, Sekda Kota Mojokerto Harlistyati, SH., M.Si, Ketua DPRD Kota Mojokerto Febriana Meldyawati, SH beserta unsur Pimpinan dan Anggota, Ka BNN Kota Mojokerto AKBP Suharsi, SH, M.Si, Perwakilan Yonif PR 503/MK, Para Asisten Sekda Kota Mojokerto, Ka OPD, Forpimka dan Lurah, serta segenap undangan.

Sementara untuk peserta upacara terdiri dari 1 Regu Pok Korsik Kota Mojokerto, 1 SST Kodim 0815, 1 SST Polres Mojokokerto Kota, 1 SST Pasukan Bersenjata Korem 082/CPYJ, 1 SSK Pasukan Bersenjata Yonif Para Raider 503/MK, 1 SSK Pasukan Bersenjata SPN Mojokerto, 2 SST Dishub & RSUD  Kota Mojokerto, 3 SSK KORPRI, Guru TK, SD, SMP, SMU, 1 SST Linmas, 1 SST Satpol PP , 1 SST Anggota SAR dan 4 SST  Siswa/siswi SMA & Pramuka.

Usai pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Mojokerto dilanjutkan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Kota Mojokerto yang berjumlah 75 orang dan bertindak sebagai Danki Paskibra yakni Danramil 0815/19 Magersari Kapten Arh Suminto. 

Secara bersamaan, kegiatan serupa juga berlangsung di Halaman Pemkab Mojokerto Jalan A. Yani Nomor 16 Kota Mojokerto dengan Irup Wakil Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH serta dihadiri Danrem 082/CPYJ Kolonel Arm Budi Suwanto, S.Sos, Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos mewakili Dandim 0815, Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Sekdakab Mojokerto Ir. Herry Suwito, MM, Ketua DPRD beserta Unsur Pimpinan dan Anggota, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda Ka OPD, Perwakilan Pejabat TNI - Polri, Ka OPD, Forpimka dan segenap undangan serta diikuti peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Pemerintah.

Sementara Upacara Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 juga berlangsung di Lapangan Cikaran Kota Mojokerto yang diselenggarakan Korem 082/CPYJ dan diikuti seluruh Personel Militer dan PNS Korem 082/CPYJ, Kodim 0815 dan Bapras Rem 082.  Kegiatan serupa juga digelar di seluruh Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto yang diikuti personel TNI, Polri, Pemerintah dan Masyarakat.(dim/wo)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang *Dandim 0815 Mojokerto Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI* . Silahkan membaca berita lainnya.

Satgas Yonif 731 Laksanakan Fogging di Gamsungi

Posted: 17 Aug 2018 07:26 AM PDT

Satgas Yonif 731 Laksanakan Fogging di GamsungiTOBELO, LELEMUKU.COM - Guna menghindari terjangkitnya masyarakat dari wabah penyakit khususnya DB, serta memberantas tempat yang dapat menjadi sarang penyakit, Personel Satgas Yonif 731/Kabaresi melaksanakan kegiatan pengasapan atau yang dikenal dengan Fogging pada Rabu (15/08)

Kegiatan yang dipimpin oleh Bakes Serda Chandra dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Setempat, maka dilaksanakan fogging di lingkungan Jl. Angin Mamere Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku  dengan menyasar saluran air, tempat tumpukan benda, kandang ternak, semak dan pepohonan hingga perumahan yang dicurigai dan berpotensi menjadi tempat berkenbang biak nyamuk Aides Agpty penyebab DB seluruhnya di asapi agar tidak menjadi sarang penyakit.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas Yonif 731/Kabaresi Letkol Inf Indra Hirawanto menyampaikan bahwa kegiatan fogging ini sebagai langkah preventif kita dalam mencegah penyakit sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat selain itu juga sebagai rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73. (Penrem152)

Akun FB Danramil Sawang Diretas, Pelaku Minta Pulsa

Posted: 17 Aug 2018 07:25 AM PDT

Foto : Bukti berupa Pesan Messenger yang dilakukan peretas untuk meminta isi pulsa kepada korban pengguna akun facebook lainnya.







Media Nasional Obor Keadilan | ACEH SELATAN -  Waspada dengan hacker yang mulai beraksi di jejaring sosial terutama facebook (Fb), karena mengingat akun FB paling mudah dihack atau diretas orang yang tidak bertanggung jawab.

Awak media baru saja mendapatkan informasi pemberitahuan melalui pesan berantai yang masuk ke grup whatsapp untuk disampaikan ke publik agar tidak melayani apabila ada inbox dari akun fb milik Danramil 04/Sawang.

Pasalnya, kasus ini sedang dialami Kapten Inf Amri Umari Danramil 04/Sawang Kodim 0107/Asel, Kamis (16/08/2018) akun facebooknya bernama Amri dihack seseorang.

Menurut Bintara Tinggi Tehnik Sandi Kodim 0107/Asel, peretasan atau hack facebook merupakan tindakan orang lain untuk menguasai akun FB dengan tujuan tertentu. Maka perlu selalu diwaspadai dan dikontrol setiap saat.

"Si tangan jail bisa melakukan pengiriman atau penyebaran konten porno dan penipuan seperti kasus peretasan akun FB Amri dengan modus meminjam uang pada teman-teman dekat atau sahabat di facebook dengan alasan sms banking miliknya sedang gangguan," ucapnya.

Batinik Sandi Kodim 0107/Asel kepada media, Jumat (17/08/2018) menyarankan kepada setiap pengguna akun FB agar melakukan langkah antisipasi dengan cara, pertama adalah melakukan pengumuman melalui media sosial lainnya seperti whatsapp, twitter, path dan lain sebagainya bahwa akun anda diretas.

"Langkah awal ini agar kawan, teman, sahabat dan publik lainnya mengetahui akun anda sedang berpindah tangan ke orang yang tidak nertanggungjawab (hacker) sehingga tidak menjadi korban penipuan," sebutnya.

Langkah kedua, jelasnya, adalah ambil alih akun dari tangan peretas dengan cara masuk kembali dengan menggunakan email akun laku klik forgot password (lupa kata kunci), secara otomatis password pemulihan akan dikirimkan ke email anda.

"Biasanya peretas hanya mencuri password FB yang berhasil ditebak dari akun namun belum mengganti email asli FB anda," jelas Batinik Sandi.

Selajutnya, ia menerangkan pilih kata sandi yang unik dan sulit ditebak dengan mengkombinasikan sekurangnya 6 sampai 7 huruf, angka atau tanda baca.

Bila perlu, ungkapnya, amankan dengan mencantumkan nomor telepon pada akun facebook agar pada saat diretas anda bisa gunakan nomor itu untuk pemulihan.

"Kalau masih ingin lebih sempurna maka gunakan seluruh fasilitas pengaturan keamanan yang ada di facebook seperti peringatan masuk yang akan muncul di sms, email atau pemberitahuan facebook pada saat ada yang masuk melalui browser lain," ungkapnya.

Yang terpenting, kata Batinik Sandi adalah mengatur kata sandi dengan angka, huruf dan tanda baca unik dan tingkat kesulitan tinggi.

"Bila sandi yang anda punyai sangat unik dan sulit ditebak itu sudah aman," demikian pungkasnya.()

Editor : Yuni
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Akun FB Danramil Sawang Diretas, Pelaku Minta Pulsa . Silahkan membaca berita lainnya.

Pangdam Jaya/Jayakarta Peringati Perayaan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73

Posted: 17 Aug 2018 07:11 AM PDT

Kodam Jaya-Jakarta Pagi yang cerah dengan diiringi lagu-lagu perjuangan bangsa menghiasi langit sekitar Istana Merdeka Jakarta. Dengan dipadati ribuan warga masyarakat yang turut memadati area Istana Merdeka Jakarta. Suasana yang berbeda dari hari biasanya dikarenakan hari ini tepat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018. Perayaan detik-detik Proklamasi hari Kemerdekaan RI ke-73 ini dipusatkan di Istana Merdeka. Tidak ketinggalan pula, Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto bersama Istri turut hadir pada perayaan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Istana Merdeka Jakarta.jum'at 17/8/18 Pelaksanaan upacara perayaan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tersbut dipimpin oleh irup Presiden RI Joko Widodo. Tepat pukul 10.00 wib, detik-detik perayaan proklamasi Kemerdekaaan Republik Indonesia dengan di tandai bunyi dentuman meriam yang berasal dari Batalyon Armed 7/GS Kodam Jaya. Dalam pantauan Pendam Jaya yang turut hadir pada upacara tersebut, Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto begitu hikmat mengikuti jalannya upacara tersebut bersama ibu yang dalam kesempatan ini berbusana dengan menggunakan ikat kepala Sortali dari Tapanuli Utara. Upacara detik-detik proklamasi hari Kemerdekaan RI ke-73 ini selain dipimpin Irup Presiden RI Joko Widodo, juga di pimpin oleh Danup Kolonel Arh Tri Sugianto, S.Sos yang keseharian menjabat sebagai Aspers Kasdam Jaya. Tentunya ini menjadi suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri bukan saja bagi seorang Kolonel Arh Tri Sugianto, S.Sos tapi juga bagi Kodam Jaya/Jayakarta. Tentunya dengan kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 disambut baik oleh Panglima Kodam Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto yang hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut. -- Kirim dari Fast Notepad


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Pangdam Jaya/Jayakarta Peringati Perayaan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 . Silahkan membaca berita lainnya.

Bambang Sugiyarta Pimpin Upacara HUT Pramuka ke 57 di Ternate

Posted: 17 Aug 2018 07:06 AM PDT

Bambang Sugiyarta Pimpin Upacara HUT Pramuka ke 57 di TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Komandan Kodim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menjadi memimpin pelaksanaan Upacara dalam rangka HUT Pramuka ke-57 bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Gambesi Pulau Ternate pada Selasa (14/08).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ka UPTD Mahlis Tagap, Kwarda Ternate Iskandar Abdullah, S.Pd, Perwakilan Gugus Depan Pramuka dari tiap-tiap sekolah, Para pengasuh serta diikuti oleh anggota Pramuka se-Kwartir Daerah Ternate.

Dalam kesempatan tersebut Dandim membacakan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si., menyampaikan Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 Tahun kelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan konstribusi dan nyata dalam mencetak calon pimpinan bangsa Indonesia.

"Sampai saat ini Semangat itu tidak pernah kurang dan tidak pudar Kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia Untuk itu saya menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan pramuka di gugusdepan masing-masing," ujar dia.

Sebagai dan politik yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Bupati Walikota Beberapa bulan yang lalu pencalonan anggota legislatif serta pencalonan presiden dan wakil presiden tua karena situasinya dirinya berharap anggota pramuka di seluruh jenjang induknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk-pikuk politik meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik

"Saya berpesan hendaknya gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis. Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan kedepan pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik karena Kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas," ungkap dia.

Ketika Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2045 dan saat ini di antara anggota aktif Pramuka yang tersebar di berbagai pelosok tanah air akan menjadi pimpinan negara ini di masa depan. Kegiatan diakhiri dengan penampilan tarian soya-soya dan foto bersama.

Sementara itu usai kegiatan Dandim memberikan keterangannya bahwa Gerakan Pramuka yang kini telah menginjak tahun ke-57 (1961-2018) sebagai organisasi kepanduan berfungsi untuk Membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia yang memiliki jiwa sesuai dengan isi dari Dasa Dharma Pramuka yang menjadi pedoman seorang anggota Pramuka. (Penrem152)

Dit.PSMK Kementerian P dan K Republik Indonesia Lakukan Pendampingan Program Technopark di SMK-PP Saree

Posted: 17 Aug 2018 07:00 AM PDT

Foto : Acara Penyusunan dan Pendampingan Program Technopark di SMK PP Saree - Aceh







Borong NTT | Media Nasional |oborkeadilan.com- Direktorat Pembinaan SMK (Dit-PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melaksanakan Pendampingan Penyusunan Program Technopark di SMK-PP Negeri Saree.

Demikian disampaikan Khatmi Ilyas, Wakasek Humas dan kerjasama
SMK-PP Negeri Saree dalam siaran persnya hari ini Jumat,(17/08).

"Kegiatan pendampingan ini laksanakan selama 2 hari penuh pada tanggal 15-16 Agustus 2018 di Saree. Pendampingan ini langsung dibimbing oleh Dr. Ir. Rokhani, M.Si, dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dimana beliau juga pengelola Inkubator Bisnis IPB", ucap khatmi.

Kegiatan ini lanjut Khatmi diikuti oleh seluruh pengelola technopark Seulawah Farm, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Peternakan Aceh, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Aceh, Bank Aceh Syariah, Bank BRI, Perwakilan DUDI, para calon tenant dan pegawai SMM-PP Negeri Saree.

Dalam pendampingan ini, jelasnya, para manager dan staf pengelola Technopark Seulawah Farm SMK-PP Negeri dibimbing menyusun profil Technopark, Visi Misi, Logo, Tujuan, Program Kerja, dan Business Model Canvas (BMC). Semua stakeholder terlibat secara langsung dalam penyusunan berbagai dokumen pendukung Technopark tersebut.

Selain melakukan pendampingan didalam ruangan, lanjut wakasek humas itu, pendamping juga langsung melihat kelapangan atau lingkungan sekolah untuk melihat kesiapan dari Unit Produksi dan fasilitas pendukung lainnya yang akan dikembangkan dalam program Technopark ini.

"Adapun Unit Produksi (UP) yang akan dijalankan dalam kegiatan Technopark ini ada 9 buah, yaitu UP Sayuran, UP Sayuran Daun, UP Teh Rosella, UP Penyulingan Minyak Atsri, UP Penggemukan Sapi Potong, UP Ayam Broiler, UP Ayam Arab Petelur, UP Kue Kering dan Penganan Ringan, serta UP Makanan Nabati. Dimana ke 9 UP tersebut telah berjalan sebelum sejak 2 tahun yang lalu", terangnya

Pihak sekolah dalam kesempatan yang sama juga  berharap dengan adanya pendampingan ini, akan tersusunnya semua dokumen pendukung technopark sehingga adanya sebuah pijakan atau aturan yang jelas, ini akan membuat UP lebih mudah berproduksi yang pada akhirnya akan maju dan berkembang sehingga dapat memberi manfaat ekonomi yang lebih baik bagi UP itu sendiri dan juga sekolah.

Begitu harapan Rusdi, SP,MP selaku Manager Produksi Technopark Seulawah Farm. (LM)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Dit.PSMK Kementerian P dan K Republik Indonesia Lakukan Pendampingan Program Technopark di SMK-PP Saree . Silahkan membaca berita lainnya.

Mantan Pemain Real Madrid David Beckham dan Istrinya Victoria tinggalkan Pulau Sumba NTT

Posted: 17 Aug 2018 06:55 AM PDT

Foto : David Beckham dan Jet Pribadinya

KUPANG NTT -Media Nasional | oborkeadilan.com - Jumat (17/08) David Beckham yang tercatat pernah membela Manchester United, Preston North End, Real Madrid, Milan, Los Angeles Galaxy dan Paris Saint-Germain, itu meninggalkan Pulau Sumba menggunakan jet pribadi.

Mantan pemain Timnas Inggris itu  meninggalkan pulau Sumba bersama istri Victoria dan keluarganya pada Kamis (16/8) sekitar pukul 14.15 Wita.

Mantan pemain Manchester United tersebut bersama keluarganya tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya pada sekitar pukul 13.58 Wita dikawal sejumlah petugas keamanan.
Seperti dikutip Antara dan sejumlah media nasional dan lokal yang berada di Bandara Tambolaka Sumba barat daya.

Awak media tidak diizinkan untuk mendekat maupun memotret, saat David Beckham bersama keluarganya memasuki ruang tunggu bandara itu dari arah landasan pacu.

"Mereka menggunakan pesawat pribadi tetapi tetap melewati pemeriksaan, sebelum naik pesawat. Bapa Presiden saja yang kemarin datang ke Sumba, saat naik pesawat harus melalui pintu pemeriksaan," kata seorang petugas bandara seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

David Beckham bersama keluarga dikhabarkan tiba di Sumba Barat Daya pada Kamis, (9/8) lalu untuk menikmati liburan di Nihiwatu, Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, NTT.

Mantan pemain Real Madrid itu bersama keluarganya menginap di hotel terbaik di dunia Nihiwatu versi majalah Travel+Leisure yang berada di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
David Beckham dan Keluarga menginap di Hotel Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat sejak Kamis (9/8/2018) lalu.

Kedatangan Beckham juga dibenarkan Manager Nihiwatu, Chris, saat ditanyai Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis dan wartawan yang berkunjung ke Hotel Nihiwatu, Kamis sore.

"David Beckham memang menginap di sini, tapi kami tidak bisa memberitahukan di kamar mana dia menginap, karena itu privasinya," ucap Chris.(LM/Ant)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Mantan Pemain Real Madrid David Beckham dan Istrinya Victoria tinggalkan Pulau Sumba NTT . Silahkan membaca berita lainnya.

Judi Bola Guling Kembali Dibuka di Namrole, DPRD Angkat Bicara

Posted: 17 Aug 2018 06:36 AM PDT

Wabup Pimpin HUT RI ke 73

Posted: 17 Aug 2018 06:36 AM PDT

Upacara Taptu dan Renungan Suci Berlangsung Khidmat

Posted: 17 Aug 2018 06:36 AM PDT

680 Kantong Cap Tikus Diamankan TNI di Kota Ternate

Posted: 17 Aug 2018 06:26 AM PDT

680 Kantong Cap Tikus Diamankan TNI di Kota TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Sejumlah 680 Kantong minuman keras illegal jenis cap tikus berhasil diamankan oleh Personel TNI Gabungan dari Korem 152/Babulah dan Kodim 1501/Ternate dari beberapa bandar di kawasan Ternate Utara dan Tengah, Provinsi Maluku Utara (Malut) pada Sabtu (11/08)

Penangkapan diawali oleh laporan tentang maraknya peredaran miras di Kota Ternate sehingga Tim Intel Korem dan Kodim melaksanakan pendalaman di beberapa lokasi yang dicurigai. setelah informasi valid maka direncanakan penggerebegan yang dipimpin langsung oleh Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M. M.Tr (Han) beserta Danramil 1501/Kota Ternate Kapten Inf Sentot Tegu, Wadantim Intel Rem 152 bersama anggota Provost dan Intel.

Penggerebegan sendiri dilaksanakan dua kali yaitu Pukul 15.00 Wit di kawasan Ternate Utara dan Pukul 17.00 Wit di kawasan Ternate Tengah,  serta berhasil mengamankan 695 kantong minuman keras jenis cap tikus siap edar yang disimpan dalam kantong plastik besar dan disimpan di ruangan khusus dibawah tanah yang disamarkan guna mengelabui petugas.

Pemilik dan barang bukti kemudian diamankan di Makodim 1501/Ternate kemudian diserahkan ke Pihak Kepolisan guna proses hukum lebih lanjut.

Sementara itu Dandim 1501/Ternate dalam keterangannya menyampaikan bahwa ini merupakan bukti keseriusan TNI dalam hal ini jajaran Korem 152/Bbl khususnya Kodim 1501/Ternate guna memberantas peredaran miras di Kota Ternate yang acap kali menjadi biang keributan maupun perkelahian antar warga.

"Kami bersama Polres Ternate maupun stake holder lainnya sudah berkomitmen guna memerangi peredaran miras illegal di Kota Ternate dimulai dari penjagaan pintu-pintu masuk hingga operasi di lokasi yang dicurigai menjadi tempat penyimpanan maupun pengedaran barang haram tersebut," ujar Sugiyarta. (Penrem152)

Sigap, Tim Kesehatan Polkes Lumajang Bantu Peserta Upacara Peringatan HUT Ke 73 Republik Indonesia

Posted: 17 Aug 2018 06:14 AM PDT



Lumajang, sekilasmedia.com-Peringatan HUT Ke-73 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar upacara bendera yang bertempat di Alun alun Lumajang dengan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, Jumat (17/8/2018).

Umtuk mendukung tertib dan hikmadnya pelaksanaan upacara tersebut tim kesehatan Polkes Lumajang beserta dengan tim kesehatan dari sekolah, PMI Cabang Lumajang, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan tim kesehatan lainnya membantu para peserta upacara yang sakit dan pingsan.

Menurut Pelda Iswahyudin, Bintara Kesehatan Polkes Lumajang bahwa peran kita sebagai tim kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama kepada peserta upacara yang sedang sakit maupun pingsan.

"Kita bekerja sama dengan tim kesehatan lainnya memberikan pertolongan pertama serta pemeriksaan awal untuk mengetahui apabila diperlukan rujukan ke rumah sakit," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Pelda Iswahyudin, dalam pelaksanaan upacada kali ini banyak peserta upacara dari sekolah yang sakit dan pingsan, ini disebabkan karena cuaca yang sangat terik saat pelaksanaan upacara.

"Dihimbau kepada peserta upacara, apabila akan mengikuti kegiatan seperti ini supaha mempersiapkan diri paling tidak makan dahulu sebelum melaksanakan kegiatan, apabila merasa pusing segera mundur ke tempat tim kesehatan agar tidak sampai jatuh pingsan di dalam barisan," pungkas Serda Iswahyudin.tutur(TIM)
Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Sigap, Tim Kesehatan Polkes Lumajang Bantu Peserta Upacara Peringatan HUT Ke 73 Republik Indonesia . Silahkan membaca berita lainnya.

Upaca Peringatan HUT RI Ke 73 Tahun 2018 Juga Diadakan Oleh Elemen Masyarakat Lintas Agama.

Posted: 17 Aug 2018 06:14 AM PDT





Lumajang,sekilasmedia. com-Bukan hanya kalangan pemerintahan saja yang melaksanakan upacara peringatan HUT RI Ke 73 Tahun 2018, elemen dan komponen masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Lumajang juga menyelenggarakan upacara yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.



Berlokasi di Situs Cagar Budaya Selogending sebuah tempat persembahyangan umat Hindu yang  ada di wilayah rt. 05 rw.  05 dusun Krajan desa Kandangan kecamatan Senduro kabupaten Lumajang upacara peringatan HUT RI ke 73 tahun 2018 juga digelar.


Kegiatan yang diprakarsai oleh PCNU kabupaten Lumajang beserta jajaran pengurus dan anggotanya tersebut juga telah diikuti oleh perwakilan dari masyarakat umat Hindu, pejabat pemerintah desa setempat serta partisipasi dari Fatayat dan GP Anshor yang merupakan bagaian dari Ormas NU.


Usai pelaksanaan kegiatan upacara Gus Muhamad Mas'ud selaku Inspektur Upacara sekaligus ketua PCNU kabupaten Lumajang mengatakan, bahwa kegiatan yang kita laksanakan bersama merupakan wujud dan bukti nyata kerukunan umat beragama di wilayah kabupaten Lumajang masih terjalin cukup baik dan harmonis serta solid dengan tekad yang sama untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan membangun yang sejahtera, ujarnya.



"Sengaja kita memilih lokasi upacara peringatan HUT RI ke 73 tahun 2018 Situs Selogending wilayah desa Kandangan, karena ini adalah tempat bersejarah dan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tidak melupakan sejarah dengan selalu mengingat leluhur kita yang telah berjuang melawan penjajah demi sebuah kemerdekaan", terang Gus Mas'ud.


Setelah di perjuangankan oleh para pahlawan, negara ini tidak lepas dari Pancasila karena Negara ini bukan berdasarkan atas dasar agama maupun sekuler akan tetapi bangsa Indonesia dikemas melalui filosofi moralitas di Negeri ini, melalui ukuwah watoniah disinilah tempatnya dan jagan sampai terobek-robek oleh hal kecil dan berdampak perpecahan, tegasnya.


Kami mengharapkan ditahun-tahun yang akan datang upacara seperti ini rutin dilaksanakan dan tidak hanya 17 Agustus saja akan tetapi kegiatan penting lainnya bisa terlaksana di area Situs Selogending ini, harap Gus Mas'ud.



Sementara Babinsa Kandangan Koramil 0821/03 Senduro yang turut hadir bersama tiga pilar desa juga menambahkan, kegiatan seperti ini merupakan sarana  efektif untuk mempersatukan tali persaudaraan antar lintas umat beragama untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dengan menjalin persaudaraan dan persahabatan demi terwujudnya kedamaian negeri tercinta, ujarnya singkat.(TIM)



Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Upaca Peringatan HUT RI Ke 73 Tahun 2018 Juga Diadakan Oleh Elemen Masyarakat Lintas Agama. . Silahkan membaca berita lainnya.

Wujud Penghormatan dan Penghargaan Terhadap Jasa Pahlawan, Kodim 0821 AKRS.

Posted: 17 Aug 2018 06:14 AM PDT




Lumajang, sekilasmedia com-Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 tahun 2018 Republik Indonesia Forkopimda Kabupaten Lumajang telah melaksanakan upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) kusuma Bangsa di jl. Ahmad Yani kelurahan Kepuharjo Lumajang, Jumat dini(17/8/2018)
 

Bertindak selaku irup Komandan Kodim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman, S.E, Perwira upacara dijabat oleh Kapten Inf Hambali Danramil 0821/18 Tempursari dan Komandan Upacara Lettu Inf Sukri dari Yonif 527/BY dengan peserta upacara diantaranya satu SSK gabungan dari Kodim 0821, Yonif 527/BY dan Polres Lumajang serta 2 Pleton PNS Pemkab Lumang, satu pleton Pelajar Pramuka dari SMKN 1 Lumajang dan satu pleton gabungan sma pembawa lilin.



Pada kesempatan terebut Komandan Kodim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman,  S.E selaku irup membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, dilanjutkan mengheningkan cipta, penyalaan obor, dan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan serta ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.


Adapun arwah para pahlawan yang bersemayam di TMP Kusuma Bangsa sampai 17 Agustus Th 2018 jumlah 416 orang dengan rincian, TNI/Polri 315 orang, Pegawai Sipil 11 orang, Pejuang Rakyat 15 orang dan Pahlawan tidak dikenal 75 orang.



Usai kegiatan upacara apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) Letkol Agus mengungkapkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan agenda rutin dalam setiap rangkaian peringatan HUT RI yang diselenggarakan setiap tahun yang yang memiliki makna Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan/pejuang yang sudah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya demi sebuah kemerdekaan dan sebagai sarana pelestarian nilai kepahlawanan bagi generasi penerus bangsa, ujar Dandim secara singkat.tutur(TIM)



Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Wujud Penghormatan dan Penghargaan Terhadap Jasa Pahlawan, Kodim 0821 AKRS. . Silahkan membaca berita lainnya.

Biadab.... !! Pemerkosa Dan Pembunuh Bocah SD Akhirnya Terkuak.

Posted: 17 Aug 2018 06:04 AM PDT

Tersangka dapat hadiah timah panas, saat melawan petugas. 


Mojokerto, Sekilasmedia. Com-Tersangka utama pembunuhan dan pemerkosaan siswi  SD Mentikan 6 Prajurit Kulon Kota Mojokerto bernama Elsa Mariah (11), berhasil diringkus polisi, Rabu (15/8/2018).

Pelaku tunggal yang bernama Rosat (48), duda beranak empat, bekerja sebagai pengamen jalanan ini, saat ditangkap berusaha melawan sehingga petugas harus melumpuhkan kaki Rosat dengan timah panas.

"Rosat berhasil kami tangkap dari tempat persembunyiannya di kawasan pinggiran rel KA Pasar Gaplok, Kelurahan Kramat Senen Jakarta, Rabu (15/8/2018). Pelaku ternyata tetangga dekat korban di Lingkungan Cakarayam Kelurahan Mentikan Parjutit Kulon kota Mojokerto, " terang Kapolresta Mojokerto, AKBP Sigit Dany Setiyono kepada wartawan saat jumpa pers, Jumat (17/8/2018).

AKBP Sigit menerangkan bahwa pelaku berusaha melawan saat ditangkap, Rosat pun terpaksa dihadiahi timah panas dari pistol petugas yang bersarang di betis kaki kirinya.

Dari keterangan sejumlah saksi dan alat bukti yang dikumpulkan, mengarah pada tersangka Rosat sebagai pelaku pembunuhan dan pemerkosaan terhadap Elsa Mariah.

Penangkapan terhadap Rosat duda 4 anak ini diakui AKBP Sigit membutuhkan waktu cukup lama. Dikarenakan tersangka sangat rapi dan licin dalam berpindah tempat persembunyian.

"Kami sudah menerjunkan tim sejak tanggal 20 sampai 27 Juli. Tim tersebut menyisir kawasan Ngawi, Daan Mogot (Jakbar), hingga ke Pasar dan Terminal Senen (Jakpus). Sementara pada 1 sampai 7 Agustus, tim menyisir sejumlah tempat di Bogor dan Stasiun Senen. Kami bekerjasama dengan Polda Metro Jaya dan Mabes Polri, akhirnya tersangka berhasil kami tangkap di kawasan Senen," papar Sigit.

AKBP Sigit Dani Setyono Kapolres Mojokerto Kota mengatakan bahwa Rosat sengaja merencanakan pemerkosaan terhadap korban Elsa Mariah. Rosat mengaku hasrat itu timbul setelah melihat Elsa buang air besar. Kemudian Rosat memanggil dan membujuk Elsa Mariah untuk disuruh membelikan rujak Rosat.

"Saat Elsa dipanggil datang, korban langsung diseret masuk ke kamar Rosat.  Elsa sempat melakukan perlawanan akhirnya kepalanya dibenturkan ke tembok dan dicekik Rosat hingga tidakbernyawa," ungkap Sigit.

Sigit menjelaskan bahwa Rosat merupakan pelaku tunggal dalam kasus ini. Tidak hanya membunuh korban, tersangka juga memerkosa gadis yang masih duduk di bangku kelas  SD tersebut. Setelah meninggal dunia, jenasah korban di lempar ke sungai Balongcangkring.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 80 ayat (3) dan pasal 81 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jenasah Elsa Mariah ditemukan warga yang sedang mandi di anak Sungai Brantas, Lingkungan Cakarayam pada Sabtu (14/7) sekitar pukul 13.00 WIB beberapa waktu yang lalu.

Elsa Mariah terkahir kali diketahui masih hidup oleh orang tuanya pada Jumat (13/7) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu korban pamit ke orang tuanya untuk bermain di dekat rumahnya.

Korban merupakan bungsu dari tiga bersaudara pasangan Irwansyah dan Beby, warga Lingkungan Cakarayam, Kelurahan Mentikan, Prajurit Kulon. (wo)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Biadab.... !! Pemerkosa Dan Pembunuh Bocah SD Akhirnya Terkuak. . Silahkan membaca berita lainnya.

Bantuan Logistik Bagi Korban Gempa Lombok Terus Didistribusikan di Hari Kemerdekaan

Posted: 17 Aug 2018 05:21 AM PDT

Kodam Pattimura Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 73

Posted: 17 Aug 2018 04:36 AM PDT

Kodam Pattimura Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 73AMBON, LELEMUKU.COM - Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Gunawan selaku Inspektur Upacara memimpin Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, bertempat di Lapangan Upacara Makodam XVI/Pattimura pada (17/8).

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ini diikuti ole seluruh Pejabat Utama, Prajurit, PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura dan Korsik dari Ajendam XVI/Pattimura. Upacara berlangsung tertib dan khidmat.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, Momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk melaksanakan evaluasi terhadap eksistensi Bangsa Indonesia saat ini, serta berintrospeksi atas karya apa yang telah kita dedikasikan untuk menjaga eksistensi tersebut.

Setelah 73 tahun kemerdekaan, Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai kemajuan di segala bidang baik bidang ekonomi, politik, sosial dan pertahanan yang disegani di dunia.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini kita mengambil tema Kerja Kita, Prestasi Kita, Sesuai dengan tema tersebut "Saya berharap agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme,  tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan", ujar Kasad.

"Kesungguhan untuk mencapai prestasi merupakan wujud nyata rasa syukur kita kepada Tuhan atas anugerah kemerdekaan ini, sekaligus penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada Bangsa ini" tegas Kasad. (Pendam16)

Benarkah kita telah Merdeka?

Posted: 17 Aug 2018 04:34 AM PDT

Potret kemiskinan di Indonesia.

sergap.id, OPINI – Peringatan Kemerdekaan Negara Indonesia berlangsung setiap tahun. Sejak Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, penduduk bangsa ini selalu memperingati hari bersejarah tersebut dalam berbagai kesemarakan. Kini peringatan kemerdekaan itu datang lagi.

Fakta berbicara, sudah 73 tahun Indonesia merdeka. Ya, merdeka dari penjajahan dan kontak senjata.  Butuh perjuangan yang tidak ringan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Bahkan untuk memproklamasikan hari kemerdekaan Indonesia pun butuh pengorbanan.

Bung Karno sakit saat memaklumkan proklamasi. Selain itu, beliau didatangi opsir Jepang untuk melarang dibacakannya naskah proklamasi. Tetapi itu sejarah. Bagian dari perjalanan panjang bangsa ini merebut kemerdekaan. Pertanyaannya, benarkah kita telah merdeka?

Secara fisik kita telah benar-benar merdeka dari penjajahan dan bebas dari peperangan dengan kontak senjata. Namun secara ekonomi, budaya, mental, dan spiritual kita masihlah sebagai bangsa terjajah. Bangsa ini masih terbelenggu. Kita belum mampu mengatur negeri ini sesuai dengan keinginan masyarakat bangsanya. Kita belum mampu tampil sebagai tuan atas negeri sendiri.

Perhatikan saja, masih banyak kekayaan alam kita diambil bangsa lain. Kekayaan kita dikeruk demi kepentingan Negara lain. Apakah kita turut menikmatinya? Kita hanya mendapat sedikit dari sisanya. Hanya segelintir orang yang merasakan  nikmatnya; ya, para petinggi negeri ini yang punya kepentingan di dalamnya. Lalu masyarakat kebanyakan menjadi penonton. Kita hanya mampu membanggakan kekayaan alam yang berlimpah ini, tanpa ikut menikmati secara langsung. Sampai kapan harus begini?

Kekayaan alam yang berlimpah ini akan bermanfaat langsung bagi bangsa Indonesia jika semua pengelolaannya dilakukan sendiri oleh putera-puteri bangsa. Kita harus tampil sebagai pengambil alih dan berhak tunggal atas kekayaan alam sendiri. Banyak orang cerdas dan pandai di negeri ini. Mereka yang harus mengerjakan sendiri demi kepentingan bangsa dan Negara.

Namun tak jarang, konflik kepentingan mematahkan semua keinginan baik ini. "Perang saudara" bahkan terjadi hanya untuk memuaskan nafsu kuasa dan kepentingan pribadi dan golongan. Kesejahteraan rakyat seperti termaktub dalam cita-cita besar bangsa yang sudah didengungkan The Founding Fathers masih jauh dari kenyataan. "Kemanusiaan yang adil dan beradab" dan "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" yang tertulis rapi dalam sila-sila Pancasila masih sebagai slogan semata. Benarkah kita telah merdeka?

Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Kita juga hidup dalam Negara bangsa yang besar, selain wilayahnya yang luas dan banyak pulau dengan berbagai kekayaan alam, juga banyak penduduknya. Namun mengapa bangsa ini masih jauh dari kesejahteraan? Mengapa masyarakat Negara bangsa ini masih jauh dari kemajuan? Malaskah kita? Bermental enakkah kita?

Kita harus bekerja keras saat ini untuk mampu meraih kesejahteraan hidup. Para pemimpin harus mampu mengendalikan perekonomian bangsa dan dunia untuk mencapai kemajuan negeri ini. Oleh karena itu, kita membutuhkan pemimpin yang jujur, tulus, merakyat, perhatian dan mau bekerja keras demi kemajuan bangsa. Kita harus mampu keluar dari belenggu-belengu kecil yang menjerat bangsa ini tetap dalam keterpurukan. Kita harus menjadikan bangsa ini besar karena berbagai alasan positif.

Bebaskan diri dari korupsi, kolusi, dan nepotisme adalah langkah tepat untuk membangun bangsa ini jauh lebih maju ke depan. Merdeka dari konflik kepentingan, politik, dan kemunafikan adalah cara untuk memperbaiki kinerja warga bangsa untuk mencapai kejayaan. Lepaskan diri dari bermental enak adalah jalan terbaik untuk bekerja keras demi kesejahteraan.

Para pemimpin jangan memperbudak rakyatnya. Jangan biarkan rakyat bodohdan buta terhadap berbagai kemajuan teknologi informasi.  Janganlah kita menjadi penonton, sedangkan negara-negara melaju dengan sangat pesat. Banyak sumber daya manusia kita yang handal. Mereka harus diberdayakan demi kebaikan bangsa ini.

Memasuki usia ke-73 tahun ini kita sebagai warga bangsa Indonesia harus belajar bagaimana berbangsa dan bernegara berdasarkan amanat Pancasila dan UUD 1945. Keselarasan harus diusahakan antara apa yang tertulis dan apa yang harus kita lakukan. Jangan biarkan para oportunis politik bergerak bebas di negeri ini, karena pada akhirnya mereka akan menjauhkan kita dari cita-cita besar bangsa.

Kita harus menjadi bangsa yang berani, cerdas, berani, jujur, dan adil agar mampu membawa Indonesia menuju kejayaan. Mari menjadi warga bangsa yang mempunyai visi jauh ke depan, tentang bagaimana Indonesia sepuluh tahun mendatang.

Merdeka, merdeka, merdeka. Kita harus tetap merdeka. Merdeka dari pembodohan, perbudakan, dan penjajahan semu oleh bangsa sendiri. Mari tetap jaga semangat kemerdekaan. Mari mengisi kemerdekaan dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas demi kebesaran bangsa Indonesia. Indonesia pusaka, Indonesia tercinta. Nusa, bangsa dan bahasa, serta kekayaan alamnya kita bela dan jaga bersama. Indonesia jaya. (Sebuah Refleksi HUT RI ke 73)

Penulis: Kondradus Yohanes Klau, S.Pd., M.Sc. (Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor / Pemerhati Pendidikan, Sosial, dan Demokrasi)


Terima kasih karena telah membaca informasi tentang Benarkah kita telah Merdeka? . Silahkan membaca berita lainnya.

Said Assagaff Pimpin Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Ambon

Posted: 17 Aug 2018 04:16 AM PDT

Said Assagaff Pimpin Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di AmbonAMBON, LELEMUKU.COM  - Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf memimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Jumat (17/8).

HUT ke-73 RI yang mengambil tema "Dengan Semangat Hari Kemerdekaan RI, Kita Tingkatkan Tekad Kerja Kita Prestasi Bangsa Jaga Suasana Aman, Damai, Rukun Menuju Pelaksanaan ASIAN GAMES Ke-XVIII Tahun 2018" ini berlangsung meriah dan penuh khidmat.

Turut hadir sejumlah pejabat seperti Pangdam XVI/Pattimura  Mayjen TNI Suko Pranoto, Danlantamal IX/Ambon Laksma TNI Antongan Simatupang, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb. Antariksa, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Andap Budhi Revianto, Ketua DPRD Prov. Maluku Edwin  Huwae  SH, Kajati  Maluku Triyono Haryono, Kabinda Maluku Brigjen TNI Khairuly, Wakil Gubenur Maluku Dr. Zeth Sahubura, Sekda Prov. Maluku Hamin Bin Taher, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler.

Upacara ini dikomandani oleh Pabandya Renops Siops Kodam XVI/Ptm, Letkol Inf Tri Yudiyanto dan berlangsung khidmat serta lancar. Upacara ini diikuti TNI dan Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda dan kemasyarakatan.

Rangkaian upacara peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Ambon ini diawali dengan suara sirine yang dibunyikan secara bersamaan.

Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov Maluku setelah itu pembacaan doa. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran sang saka merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Dari pantauan, sejumlah peserta dari kalangan pelajar tidak ada yang mengalami pingsan saat mengikuti upacara.

Setelah upacara juga dilaksanakan kegiatan syukuran HUT RI bersama  veteran pejuang , Janda Pejuang dan Pahlawan, bertempat di Ruang Lobi Kantor Gubernur Maluku. Gubernur Maluku juga berkesempatan memberikan  tali kasih kepada Desa dan lurah terbaik se-Provinsi Maluku yaitu Kelurahan Amantelu, Kecamatan Sirimau. (Pendam16)