Sunday, June 12, 2022

2:40 AM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kemenkes Deteksi Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia.

Kemenkes Deteksi Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia


Kemenkes Deteksi Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia

Posted: 10 Jun 2022 04:25 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menyusul negara lain, Indonesia mendeteksi keberadaan subvarian omicron BA.4 dan BA.5. Juru bicara Kementerian Kesehatan Muhammad Syahril mengungkapkan sejauh ini empat kasus kedua varian siluman omicron tersebut pertama kali terdeteksi pada 6 Juni 2022.

Syahril menjelaskan, empat kasus tersebut terdiri dari satu WNI, dan tiga WNA yang merupakan delegasi dari pertemuan The Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR).

"Yang BA.4 ini adalah laki-laki, 27 tahun WNI, kemudian kondisi klinisnya tidak bergejala, dan vaksinasi sudah dua kali. Kemudian yang tiga orang ini adalah masuk subvarian BA.5, semuanya laki-laki. Ini merupakan PPLN, delegasi pertemuan GPDRR di Bali, pada 23-28 Mei," ungkap Syahril dalam telekonferesi pers, di Jakarta, Jumat (10/6).

Ia menambahkan, hanya satu WNA yang memiliki gejala ringan seperti sakit tenggorakan dan badan pegal. Sementara dua lainnya sama sekali tidak bergejala. Adapun status vaksinasi COVID-19 dari ketiga WNA tersebut sudah mendapatkan booster, bahkan ada yang sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak empat kali.

Lebih lanjut, Syahril mengungkapkan berdasarkan data interim yang ada, subvarian omicron BA.4 dan BA.5 ini kemungkinan memiliki kemampuan transmisi yang lebih cepat dibandingkan subvarian omicron BA.1 dan BA.2.

Namun, jika dilihat dari segi tingkat keparahannya, kedua subvarian omicron terbaru ini tidak terindikasi menimbulkan kesakitan yang lebih parah dibandingkan varian omicron sebelumnya.

Meski begitu, yang perlu diwaspadai dari kedua subvarian omicron ini, ujar Syahril, adalah penurunan terhadap kemampuan terapi antibody monoclonal.

"Ini yang perlu kita waspadai yaitu immune escape. Dia menghindar dari imunitas seseorang. Jadi ini memiliki kemungkinan, lolos dari perlindungan seseorang yang dimiliki dari vaksinasi maupun dari kekebalan alamiah," tuturnya.

Penyebaran Varian Baru Tidak Dapat Dihindari

Ahli Epidemiologi dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengungkapkan masuknya varian atau subvarian baru COVID-19 ke Indonesia hanya persoalan waktu. Menurutnya, hal tersebut sulit untuk dicegah dengan berbagai interaksi dan pelonggaran di tingkat global yang cenderung meningkat memasuki tahun ketiga pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan selalu memperkuat sistem kesehatan nasional, agar siap menghadapi berbagai kemungkinan lonjakan kasus di masa yang akan datang.

"Artinya apakah ini akan bisa menambah kasus infeksi di Indonesia? Ya jelas ada, dan itu sudah terbukti di banyak negara, seperti di Taiwan, China, Jepang dan sebagainya," ungkapnya kepada VOA.

Meskipun mayoritas yang tertular subvarian omicron BA.4 dan BA.5 tidak bergejala, ujarnya, potensi keparahan bahkan kematian pada kelompok rawan yakni lansia dan yang memiliki kumorbid sangat besar. Maka dari itu, ia menyarankan kepada pemerintah selain akselerasi dosis lengkap, pemberian vaksin penguat atau booster perlu dilakukan.

"Sekarang bagaiman respon kita? Ya akselerasi dosis ketiga khususnya di kelompok rawan, setidaknya di akhir tahun ini kita targetkan 50 persen dari target populasi kita sudah mendapat dosis ketiga, dan setidaknya 70 persen dari kelompok berisiko itu sudah mendapat dosis ketiga plus bila diperlukan pada bebarapa kasus dan kelompok bisa diberikan dosis keempat sebetulnya. Selain itu literasi, membangun kewaspadaan, serta strategi komunikasi risiko yang baik, konsisten perlu dilakukan agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat, bersih, dan adaptif terhadap situasi pandemi," pungkasnya. (VOA)

Jokowi Harap Pengusaha Muda Mampu Hadapi Tantangan Bangun Indonesia

Posted: 10 Jun 2022 04:06 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri Perayaan 50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2022, yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat, 10 Juni 2022. Pada kesempatan tersebut, Presiden berharap agar pengusaha muda yang tergabung dalam Hipmi dapat bekerja keras menghadapi tantangan-tantangan untuk membangun Indonesia.

"Anggota Hipmi ini kan semuanya anak-anak muda yang memiliki kekuatan entrepreneurship yang kuat, pengusaha-pengusaha muda dan kita harapkan itu nanti menjadi ke depan bekerja keras dan tantangan-tantangan yang kita hadapi sekarang ini ya memang mereka lah nanti yang akan membangun negara ini. Karena apapun tanpa pengusaha, karena yang bisa membuka lapangan pekerjaan pengusaha bukan pemerintah," imbuh Presiden.

Kepala Negara juga akan terus mendorong para pengusaha muda agar terus bisa beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi baik nasional maupun global di tengah situasi yang tidak mudah.

"Sehingga mereka bisa menyongsongnya dengan baik dan meskipun situasi sekarang bukan situasi yang gampang," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada Hipmi atas peringatan ulang tahun emasnya. Dalam sambutannya, Presiden meyakini pada momen Indonesia Emas 2045, para pengusaha muda Hipmi akan menjadi pengusaha besar di Tanah Air.

"Saya meyakini di tahun Indonesia Emas 2045, konglomerat-konglomerat yang ada ini semuanya dari anggota Hipmi. Kalau sekarang umur 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun, 40 tahun, tambah 25 tahun artinya umur 60-an 50-an, 65-an sudah menjadi konglomerat semuanya saudara-saudara," ucapnya.

Untuk diketahui, Perayaan 50 Tahun Hipmi yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Juni 2022 mengangkat tema "Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045". Selain itu, Hipmi juga menggelar beberapa acara antara lain Apkasi Expo, Museum Hipmi, Business Matching, hingga Indonesia Young Leader Forum. (Setpres)

Jokowi Ajak Pengusaha Hipmi Manfaatkan Peluang di Bidang Pangan

Posted: 10 Jun 2022 03:59 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk memanfaatkan peluang di bidang pangan. Peluang tersebut muncul bersamaan dengan masalah yang dialami oleh sejumlah negara yang sedang mengalami kelangkaan pangan akibat ketidakpastian ekonomi global karena pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri Perayaan 50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2022 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jakarta, pada Jumat, 10 Juni 2022.

"Saya ingatkan, yang berkaitan dengan pangan itu hati-hati ke depan, tetapi juga menjadi peluang bagi para pengusaha, utamanya anggota Hipmi untuk masuk ke bidang-bidang ini. Pangan, energi, ini adalah peluang karena diperkirakan hari ini ada kira-kira 13 juta orang yang sudah mulai kelaparan di beberapa negara karena urusan pangan," ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, saat ini sejumlah negara juga sudah mulai membatasi ekspor pangannya sehingga kemandirian pangan menjadi sangat penting artinya. Untuk itu, Presiden mengajak seluruh anggota Hipmi untuk terjun langsung berusaha pada sejumlah komoditas bahan pokok pangan seperti jagung, kedelai, sorgum, hingga porang, terutama mengingat ke depan pangan akan makin dibutuhkan semua negara.

"Saya mengajak kepada seluruh anggota Hipmi untuk masuk ke bidang ini. Tanam jagung, pasti untung karena harganya jagung baik. Tanam yang lain, yang pangan sorgum yang enggak pernah kita tanam, tanam terutama di NTT. Kita sudah mencoba kemarin 40 hektare tumbuh sangat baik di NTT. Porang, ini adalah pangan masa depan, porang karena gluten free, bisa ditanam di manapun dan tanaman-tanaman lain yang kita miliki, sagu, singkong, dan lain-lainnya. Ke depan saya pastikan karena ada problem besar yang lebih besar lagi yaitu perubahan iklim, pangan akan menjadi persoalan seluruh negara," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyoroti inflasi yang terjadi di sejumlah negara yang berpengaruh pada naiknya harga berbagai komoditas. Presiden menuturkan, diperkirakan ada 60 negara yang akan mengalami kesulitan ekonomi dan akan menjadi negara gagal jika tidak bisa segera mengatasi ekonominya.

"Inilah yang perlu saya ingatkan kepada kita semuanya. Jangan sampai kita merasa normal, padahal keadaannya betul-betul pada situasi yang tidak normal, ketidakpastian ini. Ini yang harus kita jaga semuanya, dan problem besarnya sekarang ini ada dua urusan ekonomi, yang pertama kenaikan energi yang kedua kenaikan harga pangan. Hati-hati dengan ini, yang itu semuanya akan memunculkan yang namanya kenaikan inflasi tadi," ungkapnya.

Kepala Negara kemudian memerinci sejumlah komoditas yang naik harganya, mulai dari gas alam yang naik 153 persen, batu bara naik 133 persen, minyak naik 58 persen, hingga minyak sawit mentah atau CPO yang naik 207 persen. Di luar itu, gandum juga harus diantisipasi kenaikannya karena saat ini dua penghasil gandum dunia yakni Rusia dan Ukraina sedang bermasalah.

"Karena penghasil gandum 30-40 persen Ukraina dan Rusia, sekarang ini bermasalah, gandum seluruh dunia harganya naik. Dan kita nanti di sini ada mie, di sini ada roti, semuanya berasal dari gandum," ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dan Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming. (Setpres)

Jasad Emmril Khan Mumtadzra Putra Ridwan Kamil Ditemukan di Bendungan Engehalde

Posted: 09 Jun 2022 06:35 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.OM -  Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang hilang terbawa arus Sungai Aare di Ibu Kota Bern, Swiss, akhirnya ditemukan Rabu (8/6).

Penemuan mayat Eril ini diumumkan Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad dalam jumpa pers secara virtual dari kantornya di Bern, Kamis (9/6). Dia menjelaskan pihak dari Kepolisian Bern kemarin menemui dirinya dan keluarga Ridwan Kamil di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk menyampaikan informasi awal mengenai jasad yang diduga Eril pada sekitar pukul 06:50 pagi waktu Bern (jam 11:50 waktu Jakarta).

Ditambahkannya, sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik dari Kepolisian Bern segera melakukan identifikasi dan pemeriksaan DNA untuk memastikan mayat yang ditemukan memang benar adalah Eril.

"Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau anada Eril," kata Muliaman.

Kepolisian Bern juga sudah menyampaikan secara resmi melalui siaran pers pada Kamis siang (9/6). Berdasarkan porsedur dan hukum yang berlaku di Swiss, kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

Sekitar dua jam yang lalu, lanjut Muliaman, pihak pengadilan memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jenazah Eril. KBRI Bern memastikan penghormatan atas jasad Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam.

Pihak keluarga kata Elpi belum dapat memastikan kapan akan tiba di Indonesia namun akan berusaha secepatnya jika memungkinkan. Pihak keluarga berharap keluarga dan jenazah Eril bisa tiba di Indonesia Sabtu atau Minggu.

Pihak keluarga, tambahnya, berterima kasih kepada Kepolisian Bern, Pemerintah Kota Bern, pemerintah Swiss, dan bantuan dari pihak KBRI Bern.

Dalam situs resminya, www.police.be.ch/de, Kepolisian Bern menyampaikan mayat Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, berjarak sekitar 30 kilometer dari lokasi Eril hilang pertama kali terbawa arus sungai Aare pada 26 Mei lalu.

Ketika kejadian Eril sedang berenang bareng adik perempuannya dan satu temannya. Keduanya berhasil naik ke darat, sedang Eril hilang dibawa arus sungai. Kepolisian Bern sudah melakukan proses pencarian sejak hari pertama Eril terbawa arus.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengajukan permohonan cuti selama 11 hari untuk terbang ke Swiss. (VOA)

Luhut Binsar Pandjaitan Tak Tau Nama yang Kena Reshuffle Kabinet

Posted: 09 Jun 2022 02:33 AM PDT

LLuhut Binsar Pandjaitan Tak Tau Nama yang Kena Reshuffle Kabinet.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Isu reshuffle kabinet pada bulan ini berhembus kencang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dirinya tidak tahu soal nama-nama yang akan kena reshuffle.

"Tanya aja sama istana, boro-boro saya tanya," kata Luhut saat ditemui di Komplek Parlemen, Kamis, 9 Juni 2022.

Dia mengatakan dirinya masih pusing dengan pekerjaan sendiri. Sehingga posisinya saat ini belum bertanya desas-desus nama di lingkaran kabinet yang akan tergeser atau diganti.

"Gak sempet," ujarnya.

Kemarin, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak bicara banyak ketika ditanya soal reshuffle kabinet. Isu reshuffle kabinet mencuat sejak Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung dengan koalisi pemerintah pada Agustus 2021.

Namun hingga kini, Jokowi belum melakukan reshuffle dan PAN belum mendapat kursi di kabinet. "Belum, belum," ujar Jokowi usai meresmikan Masjid At-Taufiq di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Juni 2022.

Menurut pejabat itu, Jokowi dan Zulkifli membicarakan soal perombakan kabinet. Namun, sumber tersebut mengatakan Presiden dan Zulkifli belum sampai pada pembicaraan ihwal nama calon menteri. pun posisi yang akan diisi oleh kader PAN masih samar.

Ketua DPP PAN, Bima Arya, mengakui bahwa ada informasi partainya akan mendapat jatah kursi menteri jika Jokowi melakukan perombakan kabinet. PAN disebut-sebut bakal mendapat satu posisi menteri dan satu kursi wakil menteri. "Info yang saya dengar dari beberapa sumber begitu," tuturnya lewat pesan singkat, Sabtu, 12 Maret 2022.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya juga enggan menjawab soal kabar reshuffle digelar 15 Juni 2022. Pratikno tidak membenarkan dan tidak juga membantah. Dia mengatakan, jika ada jadwal bakal dibocorkan sedikit demi sedikit.

"Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno, Kamis pekan lalu.

Sementara itu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi enggan berkomentar soal kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Namanya disorot setelah terjadinya kelangkaan minyak goreng. Dia pun menyerahkan sepenuhnya keputusan reshuffle kabinet kepada Presiden Jokowi.

"Itu kan prerogatif presiden," katanya saat ditemui seusai rapat bersama Komisi VI DPR RI di Komplek Parlemen, Senin, 7 Juni 2022.

Lutfi juga tidak berkomentar soal menilai dirinya sendiri atas penanganan  minyak goreng. "Jadi saya serahkan sama beliau lah," kata dia. (Faiz Zaki/ Dewi Nurita | Tempo)

Dante Harbuwono Sebut Kemenkes Punya Rp 1,3 Triliun untuk Belanja Vaksin Covid-19

Posted: 09 Jun 2022 02:28 AM PDT

Dante Harbuwono Sebut Kemenkes Punya Rp 1,3 Triliun untuk Belanja Vaksin Covid-19.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Kementerian Kesehatan RI masih memiliki anggaran Rp1,3 triliun yang dialokasikan untuk kebutuhan belanja vaksin COVID-19 produksi dalam negeri pada tahun ini.

"Terus terang anggaran yang digunakan untuk pembelian vaksin dalam negeri masih ada untuk 2022 ini. Akan kami serap sebesar Rp1,3 triliun," kata Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, dalam konferensi pers Kick Off Uji Klinik Fase 3 Vaksin BUMN secara virtual, Kamis 9 Juni 2022.

Menurut Dante angka vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah sangat tinggi, mencapai 400 juta lebih suntikan. "Tapi kita tidak tahu kapan pandemi selesai," katanya.

Menurut Dante situasi pandemi COVID-19 yang saat ini telah terkendali, dibuktikan dengan pengukuran epidemiologi terhadap sejumlah indikator kasus yang sangat rendah, seperti angka kematian, penularan, keterisian rumah sakit maupun vaksinasi.

Pelandaian pandemi COVID-19 di Indonesia, kata Dante, juga didukung dengan hasil sero survei untuk mengukur kadar antibodi masyarakat Indonesia terhadap risiko penularan SAR-CoV-2 penyebab COVID-19 yang saat ini tinggi atau berkisar 99,2 persen.

"Kenapa kita bagus angkanya, karena sero survei menunjukkan antibodi masyarakat Indonesia tinggi," ujarnya.

Meski situasi pandemi mengalami penurunan angka kasus yang signifikan, tapi pemerintah belum mengetahui kapan antibodi masyarakat akan turun. "Penurunan antibodi masyarakat ini akan dibarengi dengan pemberian booster (suntikan vaksin dosis ketiga). Salah satu alternatif booster tersebut adalah vaksin yang diproduksi BUMN," katanya.

Dante mengatakan Kemenkes akan kembali mengevaluasi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap vaksin COVID-19. "Selanjutnya akan kita evaluasi. Setelah kecukupan dalam negeri, BUMN akan ekspor (vaksin) ke tempat-tempat yang diperlukan," katanya. (M Taufan Rengganis | Tempo)

Jokowi Resmikan Masjid At-Taufig di Lenteng Agung Jaksel

Posted: 08 Jun 2022 06:23 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan Masjid At-Taufiq yang terletak di daerah Lenteng Agung, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, pada Rabu, 8 Juni 2022. Presiden tampak hadir dengan mengenakan jas berwarna gelap dan sarung berwarna putih.

Saat menyampaikan sambutannya, Presiden berharap masjid yang dibangun untuk mengenang almarhum Taufiq Kiemas ini mampu mengemban dua peran sentral. Utamanya, sebagai pusat peradaban Indonesia modern yang dapat memperkokoh keselarasan antara Pancasila dengan agama.

"Memperkokoh keselarasan antara empat pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dengan Islam, dengan agama," ujar Presiden.

"Peradaban Indonesia adalah peradaban yang membawa kemajuan Indonesia, menjadikan rakyat Indonesia yang sejahtera, makmur, dan bermartabat, menjadikan Indonesia sebagai Indonesia Maju, sebagaimana dicita-citakan oleh Bung Karno dan para founding Indonesia," lanjutnya.


Presiden Jokowi mengenang sosok almarhum Taufiq Kiemas sebagai sosok nasionalis religius yang mampu mempersatukan perbedaan yang ada. Selain itu, beliau juga dikenang sebagai bapak empat pilar atas kegigihannya membumikan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Beliau juga sangat dikenal sebagai pejuang kemanusiaan atas kepedulian sosial yang tinggi dalam dunia pendidikan dan kesukarelawanan," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden ke-5 Republik Indonesia yang juga merupakan perwakilan keluarga, Megawati Soekarnoputri berharap Masjid At-Taufiq dapat dimanfaatkan sebagai tempat ibadah bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Megawati juga berharap masjid ini dapat dijadikan tempat untuk membumikan Pancasila.

"Masjid At-Taufiq juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial di dalam membumikan Pancasila melalui penguatan mental dan spiritual bangsa," ucap Megawati.

Konsep bangunan Masjid At-Taufiq sendiri mengusung konsep Islam Nusantara yang berkemajuan, sesuai dengan Trisakti Bung Karno yang ketiga yaitu berkepribadian yang berkebudayaan Indonesia. Selain itu, konstruksi bangunan masjid ini juga memadukan unsur kearifan lokal yang mengikuti adat istiadat Palembang.

Turut hadir dalam peresmian Masjid At-Taufiq yaitu Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Hadir pula yakni Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin dan Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar. (Setpres)

Murad Ismail Jalin Kerja Sama dengan PT Santos Agro di Bidang Pertanian

Posted: 08 Jun 2022 05:11 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail, kembali melakukan pertemuan dengan para investor untuk menanamkan modalnya didaerah ini. Kali ini Gubernur melakukan pertemuan dengan manajemen PT Santos Agro Abadi (SAA), salah satu investor nasional di bidang pertanian.

Pertemuan dilakukan di Jakarta, Selasa (07/06/2022) untuk memantapkan rencana investasi sekaligus komitmen para pihak untuk membangun Maluku khususnya sektor pertanian. PT SAA juga telah memulai investasi perkebunan tebu di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Delegasi Pemerintah Provinsi Maluku dipimpin oleh Gubernur, didampingi Ketua TGPP, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PMD PTSP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas PUPR dan Direktur Maluku Energi Abadi. Sedangkan manajemen PT SAA dipimpin langsung owner PT SAA Soedomo Mergonoto.

Forum ini merupakan tindaklanjut rencana investasi yang telah dituangkan dalam Letter of Intent antara PT SAA dengan Pemerintah Provinsi Maluku dalam even Maluku Baileo Exhibition di Makassar pada 5 Februari 2022 ,  sekaligus realisasi komitmen manajemen PT SAA dalam Pertemun Bersama yang digagas oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku Bersama Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan Maluku (TGPP) pada tanggal 17 Maret 2022.

Gubernur dalam pertemuan menjelaskan, tentang potensi sumberdaya pertanian Maluku.  Dikatakan luas daratan hanya 6,7 persen dari total 712,479.65 Km 2 luas wilayah Provinsi Maluku, namun memiliki potensi yang besar.  "Saya mengajak PT SAA agar  bukan saja berinvestasi  pada level budidaya tanaman, tapi juga dalam pengolahan dan pemasaran hasil serta sektor unggulan lainnya di Maluku seperti perikanan,"kata Gubernur.

Gubernur mencontohkan, pengolahan kelapa pafda, pengolahan limbah tempurung dan sabut yang belum dimanfaatkan secara  maksimal. Begitu juga dengan pemasaran produk jagung dan kedelai yang akan dikembangkan Maluku, yakni jagung  11.500 ha dan Kedelai 5.000 hektar dan pengembangan perikanan tuna dan budidaya perikanan.

Lebih lanjut, Gubernur juga memberikan apresiasi dan dukungan untuk investasi di Maluku." Investasi sangat dibutuhkan oleh Maluku, guna percepatan pembangunan menunjang pertumbuhan ekonomi.  Tidak hanya  bergantung pada sumberdana pemerintah. Karena dengan masuknya investasi akan terjadi peningkatan produksi, terciptanya lapangan kerja serta dapat mengentaskan kemiskinan di Maluku,"jelas Gubernur.

Terhadap kondisi ini  Pemerintah Provinsi Maluku, akan  mendukung proses investasi  pihak PT SAA  sesuai kewenangan yang dimiliki.    Investasi akan dilakukan pada lahan yang telah diberikan izin lokasi sejak tahun 2018 untuk pengembangan tebu di Kabupaten  Seram Bagian Timur yaitu di Kecamatan Bula, Bula Barat dan Teluk Waru seluas 22.103 Ha dengan nilai investasi Rp 500 miliar.

Manajemen PT SAA dalam pertemuan menyatakan komitmennya untuk segera mengurus semua proses perijinan yang dibutuhkan sebagai legitimasi usaha sesuai kewenangan dan peraturan yang berlaku (UU No. 11 tahun 2020) melalui OSS (online single submission) pada  PTSP Povinsi Maluku  yang telah memiliki ISO 9001 dan 37001

"Kita akan melakukan diversifikasi komoditas yang saat ini fokus pada  tebu yang telah diujicobakan selama 3 tahun dimana hasilnya sangat sesuai.  Diusulkan pengalihan komoditas pada komoditas kelapa , jagung dan pala serta komoditas unggulan lainnya,"kata owner PT SAA, Soedomo Mergonoto.

Dia mengatakan, pihaknya mengembangkan industri dengan melibatkan tenaga kerja lokal sesuai kompetensi dan skill yang dibutuhkan Perusahaan. "Kita juga melakukan kerjasama dengan BUMN dan BUMD Provinsi Maluku ( Perumda Panca Karya dan PT Maluku Energi Abadi). Segera memulai proyek investasi ini setelah mendapatkan perijinan-perijinan yang dibutuhkan,"pungkasnya.(indonesiatimur.co)

Abdul Qadir Hasan Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka karena Aktif Sebarkan Idieologi

Posted: 07 Jun 2022 09:56 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Akhir bulan Mei lalu publik dihebohkan dengan beredarnya beberapa video yang memperlihatkan konvoi kendaraan bermotor dengan spanduk-spanduk yang menyerukan kebangkitan khilafah Islamiyah di Cawang, Jakarta Timur.

Penelusuran mendapati konvoi kendaraan tersebut dilakukan oleh Khilafatul Muslimin, satu organisasi masyarakat tanpa ijin yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Konvoi kendaraan ini ternyata tidak hanya Jakarta, tetapi juga di berbagai kota lain di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur; antara lain Bekasi, Karawang, Purwakarta, Sumedang, Cirebon, Brebes, Tegal, Klaten, Solo dan Surabaya.

Melihat ajakan yang berpotensi memecah belah itu, bahkan berpotensi mengganti ideologi Pancasila yang sudah menjadi dasar negara, Kepolisian Indonesia bergerak cepat dan melakukan penyelidikan.

Polda Metro Jaya bersama Polda Lampung Selasa pagi (7/6) berhasil menangkap Ketua Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja di Bandar Lampung, yang merupakan lokasi kantor pusat organisasi itu. Saat ditangkap Abdul Qadir tidak melakukan perlawanan, tetapi simpatisannya memadati kantor pusat Khilafatul Muslimin karena tidak menerima pimpinan mereka dibawa polisi.

Ketika tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Abdul Qadir tidak memberikan komentar apapun kepada wartawan yang telah menunggunya. Namun ia tersenyum dan melambaikan tangan pada simpatisannya yang juga ikut menunggu di markas polisi.

Dalam konferensi pers seusai pemeriksaan pendahuluan, Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan mengatakan, "Abdul Qadir Hasan Baraja pernah ditangkap dalam kasus terorisme pada Januari 1979, pemboman Candi Borobudur tahun 1985, serta memiliki kedekatan dengan kelompok radikal."

Polda Metro Jaya bersama Polda Lampung Selasa pagi (7/6) berhasil menangkap Ketua Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja di Bandar Lampung, yang merupakan lokasi kantor pusat organisasi itu. Saat ditangkap Abdul Qadir tidak melakukan perlawanan, tetapi simpatisannya memadati kantor pusat Khilafatul Muslimin karena tidak menerima pimpinan mereka dibawa polisi.

Ketika tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Abdul Qadir tidak memberikan komentar apapun kepada wartawan yang telah menunggunya. Namun ia tersenyum dan melambaikan tangan pada simpatisannya yang juga ikut menunggu di markas polisi.

Dalam konferensi pers seusai pemeriksaan pendahuluan, Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan mengatakan, "Abdul Qadir Hasan Baraja pernah ditangkap dalam kasus terorisme pada Januari 1979, pemboman Candi Borobudur tahun 1985, serta memiliki kedekatan dengan kelompok radikal."

Dalam kesempatan yang sama Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan aparat keamanan juga sedang menyelidiki sumber aliran dana Khilafatul Muslimin.

"Dana operasionalnya cukup besar, ini menjadi pertanyaan besar yang harus dijawab, maka proses penyelidikan akan kami lanjutkan," ujarnya. (VOA)