Monday, June 13, 2022

9:25 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kesan dan Harapan Sejumlah Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam.

Kesan dan Harapan Sejumlah Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam


Kesan dan Harapan Sejumlah Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam

Posted: 13 Jun 2022 03:56 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menerima para atlet SEA Games ke-31 Vietnam, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 13 Juni 2022. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah perwakilan atlet menyampaikan kesannya atas apresiasi yang telah diberikan Presiden kepada kontingen Indonesia dalam ajang tersebut.

Derrick Michael Xzavierro, perwakilan dari tim basket yang meraih medali emas mengaku bangga bisa membawa nama bangsa Indonesia di SEA Games ke-31. Timnas basket Indonesia sendiri berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games setelah mengalahkan langganan juara Filipina dengan skor 85-81.

"Perasaan pasti bangga banget terus senang lah satu tim, dari staf pasti senang kita bisa mendapatkan medali emas. Pastinya kita bangga bawa nama Indonesia terus. Perasaannya senang banget," ucap Derrick.

Selain itu, Ceyco Georgia Zefanya, atlet karate yang meraih dua medali perak di ajang SEA Games kali ini menyatakan rasa terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan. Ceyco pun mengatakan akan memberikan hasil yang lebih maksimal di ajang olahraga selanjutnya.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk pemerintah, untuk Pak Jokowi khususnya, sudah mengapreasisasi atlet sebaik ini. Semoga di event-event selanjutnya kita bisa memberikan yang terbaik, yang lebih maksimal yang kita bisa," ujar Ceyco.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari menuturkan bahwa doa dan harapan dari Kepala Negara merupakan salah satu hal yang paling bermakna dalam meningkatkan semangat juang kontingen Indonesia untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Ini sebetulnya yang paling bermakna buat kami semua, kalau didoain dan diharapkan sama Presiden, semangat juangnya anak-anak itu 2-3 kali lipat lebih besar, dan alhamdulillah dari kontingen yang dikirim, kita mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan doa dan harapan Presiden. Kita mendapatkan peringkat 3 di SEA Games ke-31," tutur Raja.

Lebih lanjut, Raja berharap agar pencapaian kontingen Indonesia di ajang SEA Games ke-31 dapat memberikan inspirasi dan semangat baru di ajang-ajang olahraga ke depannya.

"Mudah-mudahan dengan hasil di SEA Games ini, ini bisa menjadi semangat baru lagi dan kita bisa meningkatkan prestasi olahraga Indonesia ke depannya," ucapnya. (Setpres)

Jokowi Serahkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali SEA Games Ke-31 Vietnam

Posted: 13 Jun 2022 02:32 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menerima sekaligus memberikan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-31 Vietnam, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 13 Juni 2022. Presiden Jokowi mengaku bangga atas raihan medali yang berhasil dibawa pulang oleh para atlet ke Tanah Air.

"Dari 499 atlet, 408 memperoleh medali. Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan ini membawa medali pulang ke Tanah Air," ujar Presiden.

Presiden kemudian menuturkan pentingnya membangun ekosistem olahraga dengan kerja fokus untuk memberikan hasil yang lebih baik. Menurutnya, meski jumlah atlet yang dikirimkan tidak sebanyak pada gelaran SEA Games sebelumnya, tetapi hasil yang diperoleh pada tahun ini meningkat.

"Kalau kita lihat, seperti yang saya sampaikan yang lalu sebelum berangkat, 2015 kita peringkat ke-5, 2017 peringkat ke-5, 2019 peringkat ke-4, dan sekarang kita masuk peringkat ke-3 meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia. "Para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp130,5 miliar, kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp32 miliar, sebuah angka yang juga tidak sedikit," tambahnya.

Adapun bonus dan apresiasi secara simbolis diberikan Presiden kepada para perwakilan atlet peraih medali dari 9 cabang olahraga yaitu:

Ihram, peraih medali emas tunggal cabang olahraga dayung mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta;
Riau Ega, peraih medali emas ganda cabang olahraga panahan mendapatkan bonus sebesar Rp400 juta;
Derrick Michael Xzavierro, peraih medali emas beregu cabang olahraga bola basket mendapatkan bonus sebesar Rp350 juta;
Ceyco Georgia Zefanya, peraih medali perak tunggal cabang olahraga karate mendapatkan bonus sebesar Rp300 juta;
Susanto Megaranto, peraih medali perak ganda cabang olahraga catur mendapatkan bonus sebesar Rp240 juta;
Dhita Juliana, peraih medali perak beregu cabang olahraga voli pantai mendapatkan bonus sebesar Rp210 juta;
Azzahra Permatahani, peraih medali perunggu tunggal cabang olahraga renang mendapatkan bonus sebesar Rp150 juta;
Raudani Fitra, peraih medali perunggu ganda cabang olahraga kano mendapatkan bonus sebesar Rp120 juta; dan
Gian Kurnadi, peraih medali perunggu beregu cabang olahraga esport mendapatkan bonus sebesar Rp105 juta.
Sebagai penutup, Presiden berharap prestasi para atlet yang berlaga di SEA Games ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para atlet lain untuk terus berjuang dalam mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Semoga ini memberikan inspirasi, memberikan motivasi, kepada atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional apapun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," tandasnya.

Untuk diketahui, pada gelaran SEA Games ke-31 Vietnam, kontingen Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 91 medali perak, dan 81 medali perunggu. Dengan raihan tersebut kontingen Indonesia berada di peringkat ketiga perolehan medali, di bawah tuan rumah Vietnam di posisi pertama dan Thailand di posisi kedua.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Hadir pula Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Ferry Kono, dan Wakil CdM Ade Lukman. (Setpres)

Universitas Moestopo Kerja Sama dengan PWOIN dan MIO Wujudkan Jurnalisme Indonesia Berkualitas

Posted: 12 Jun 2022 04:27 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Demi mewujudkan jurnalisme Indonesia yang berkualitas, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) bekerjasama dengan Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) dan Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia).

Kerjasama ini meliputi banyak bidang mulai dari kerjasama di sektor pendidikan, publikasi hingga penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Dengan kerjasama tersebut, Universitas Moestopo akan memberi kesempatan pada ribuan anggota PWOIN serta MIO Indonesia untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi serta melakukan meningkatkan kualitas profesi mereka dengan mengikuti UKW.

"Kami sangat senang dengan kerjasama ini. Kami berharap kerjasama antara Universitas Moestopo dan PWOIN serta MIO Indonesia ini bisa membantu mewujudkan pers yang berkualitas," ungkap Rektor Universitas Moestopo Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si, Jumat (10/06/2022).

MOU antara Universitas Moestopo dan PWOIN ditandatangani oleh Plt Sekjend DPP PWOIN, Harun dan disaksikan oleh Ketua V PWOIN Muhamad Helmi Romdhoni, serta Wasekjend PWOIN  Aty Nuriyati.

"Perguruan tinggi dan media haruslah bersinergi. Sebab, pada dasarnya kedua institusi ini memiliki tugas yang sama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dengan caranya masing-masing," cetus Sekjend DPP PWOIN, Harun.

Sementara MOU antara Universitas Moestopo dan MIO Indonesia ditandatangani oleh Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie dan disaksikan oleh Sekjend MIO Indonesia Frans Watu.

"Kami berharap kerjasama ini bisa meningkatkan kualitas wartawan Indonesia ke depannya. Hal ini penting, karena pers yang berkualitas akan membantu masyarakat mendapat informasi yang berimbang dan menjauhkan masyarakat dari hoax," lugas Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie.

Menanggapi hal-hal tersebut, Wakil Rektor III Dr. Prasetya Yoga Santoso, M.M. yang mewakili Universitas Moestopo pada kedua MOU tersebut berujar kalau pendidikan literasi sangat dibutuhkan Indonesia saat ini.

"Dan pendidikan literasi itu akan dengan mudah terwujud saat pers Indonesia bisa menampilkan kualitas, integritas dan transparasi yang baik," pungkasnya. (indonesiatimur.co)

Pemain Bulutangkis Nomor Satu Dunia Viktor Axelsen Melaju ke Final Indonesia Masters

Posted: 12 Jun 2022 04:05 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.OM - Pemain bulutangkis peringkat satu dunia, Viktor Axelsen, mengalahkan atlet Indonesia Anthony Sinisuka Ginting pada Sabtu (11/6) dan melenggang ke final Indonesia Masters.

Pemain Denmark itu mengalahkan Ginting dengan skor 21-15, 21-15 dalam pertandingan selama 48 menit di Istora Senayan Jakarta.

"Ginting selalu sangat sulit dikalahkan di tuan rumah. Tapi saya berhasil mempertahankan strategi pada bagian-bagian paling penting dalam pertandingan," kata Axelsen kepada wartawan.

Di babak final, Axelsen akan menghadapi pemain Taiwan, Chou Tien Chen, yang mengalahkan pebulutangkis Singapura Loh Kean Yew dengan skor 21-16, 8-21, 21-19.

Pada kategori tunggal puteri, pemenang medali emas Olimpiade Tokyo Chen Yu Fei mengalahkan He Bing Jiao dengan skor 21-17, 21-14 untuk melaju ke final.

Chen akan melawan pemain Thailand Ratchanok Intanon yang mengalahkan Han Yue dengan skor 13-21, 21-14, 21-18.

Final pada hari Minggu (12/6) akan diikuti dengan turnamen Indonesia Open, yang akan diadakan antara 14-19 Juni. (VOA)