Saturday, July 16, 2022

8:36 AM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bhima Yudhistira Katakan Inflasi Amerika Naik Mencapai 9,1% dapat Mengancam Nilai Tukar Rupiah.

Bhima Yudhistira Katakan Inflasi Amerika Naik Mencapai 9,1% dapat Mengancam Nilai Tukar Rupiah


Bhima Yudhistira Katakan Inflasi Amerika Naik Mencapai 9,1% dapat Mengancam Nilai Tukar Rupiah

Posted: 15 Jul 2022 04:10 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan kenaikan inflasi Amerika Serikat yang mencapai 9,1 persen bisa berdampak kepada negara lain, termasuk Indonesia. Sebab, kata dia, Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) kemungkinan akan kembali menaikkan suku bunga acuan untuk mengendalikan inflasi. Menurutnya, kenaikan suku bunga itu bisa membuat nilai dolar Amerika semakin kuat terhadap mata uang negara lain seperti euro; juga nilai tukar mata uang dari negara berkembang seperti rupiah.

"Jadi ada kekhawatiran, suku bunga naiknya terlalu agresif dan memicu pelarian dana dari negara-negara berkembang pulang ke Amerika, karena imbal hasilnya surat utang Amerika jauh lebih menarik," jelas Bhima kepada VOA, Kamis (14/7).

Bhima menambahkan kenaikan suku bunga The Fed kemungkinan akan direspons Bank Indonesia dengan menaikkan suku bunga acuan. Menurutnya, kondisi ini akan membuat pelaku UMKM, pengusaha, dan masyarakat harus mencicil pinjaman lebih mahal. Kondisi ini juga bisa berdampak terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan karena perusahaan-perusahaan, terutama yang memiliki bahan baku impor, akan menahan rekrutmen pekerja karena beban produksi yang naik.

Selain itu, kenaikan inflasi yang tinggi di Amerika dapat mengganggu jalur perdagangan dunia karena Amerika merupakan salah satu pasar utama dari banyak negara. Apabila ini terjadi, maka pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara yang memiliki pangsa pasar di Amerika akan terkoreksi.

"Semisal China, dia akan menahan ekspansi (baca: ke Amerika), maka pertumbuhan ekonomi akan melambat dan dampaknya bisa ke negara-negara lain seperti Indonesia," tambahnya.

Bhima menyarankan pemerintah untuk melanjutkan bantuan sosial selama pandemi untuk mencegah memburuknya inflasi di tanah air. Sebab, kata dia, banyak pekerja yang nilai upahnya turun karena inflasi. Selain itu, ia menyarankan pemerintah untuk mencari substitusi pangan impor agar tidak tergantung dengan harga pangan global yang sedang mengalami kenaikan.

Bhima menilai kondisi perekonomian Indonesia masih cukup baik karena cadangan devisa yang masih cukup. Namun, ia mengingatkan pemerintah untuk mengambil kebijakan yang tepat karena cadangan devisa kini lebih dikarenakan harga komoditas yang naik.

Bauran Kebijakan BI Dukung Stabilitas Ekonomi

Bank Indonesia (BI) menilai pengelolaan ekonomi Indonesia dihadapkan dengan permasalahan ekonomi global yang kompleks dan dinamika yang diwarnai oleh ketidakpastian. Karena itu, BI menilai diperlukan bauran kebijakan bank sentral mulai dari kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial (paket kebijakan), hingga sistem pembayaran.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung mengatakan, inovasi, sinergi kebijakan, dan kolaborasi yang kuat, penting untuk mendukung penguatan kerangka bauran kebijakan yang efektif. "Berbagai risiko yang muncul belakangan ini tidak dapat dimitigasi hanya oleh satu kebijakan untuk menjaga stabilitas makro-finansial," ujar Juda dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7).

Sementara terkait posisi cadangan devisa Indonesia, BI mencatat sebanyak 136,4 miliar dolar AS pada akhir Juni 2022. Cadangan ini lebih tinggi dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2022 sebesar 135,6 miliar dolar AS. Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juni 2022 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. (VOA)

Inilah Perbandingan Harga Hyundai Stargazer dengan Avanza Veloz, Xpander, Ertiga, dan Xenia

Posted: 15 Jul 2022 01:01 AM PDT

Inilah Perbandingan Harga Hyundai Stargazer dengan Avanza Veloz, Xpander, Ertiga, dan Xenia.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah memperkenalkan mobil keluaran terbaru mereka, Hyundai Stargazer. Hadir sebagai pemain baru di pasar Low MPV di Indonesia, harga Hyundai Stargazer Rp 243,3 juta hingga Rp 307,1 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Hyundai Stargazer dipasarkan dalam empat tipe, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Harga Hyundai Stargazer Active Manual Transmission (MT) dijual Rp 243,3 juta dan Stargazer Active IVT Rp 255,9 juta. Sedangkan Tipe Trend MT dilego Rp 263,3 juta lalu Trend IVT Rp 275,9 juta. Selanjutnya, Stargazer tipe Style dibanderol Rp 296,3 juta dan Stargazer tipe Prime Rp 307,1 juta.

Harga mobil Hyundai Stargazer yang baru cukup kompetitif dibandingkan mobil Low MPV sekelasnya, seperti Toyota Avanza Veloz, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Daihatsu Xenia.

Toyota Avanza dijual dengan harga Rp 233,1 juta untuk tipe terendah 1.3 E M/T dan Rp 295,8 juta untuk tipe tertinggi 1.5 G CVT TSS. Kemudian Veloz termurah Rp 286 juta untuk tipe 1.5 M/T (non premium color) dan Rp 332,6 juta untuk tipe tertinggi 1.5 Q CVT TSS (premium color).

Harga Mitsubishi Xpander tipe terendah GLS MT Rp 253,4 juta. Sedangkan tipe tertingginya, Xpander Ultimate CVT, dilego Rp 307,1 juta, sama dengan Hyundai Stargazer.

Harga All New Suzuki Ertiga tipe terendah GA M/T Rp 225,1 juta, tipe GL M/T Rp 248,5 juta, dan tipe tertingginya GL A/T dipasarkan Rp 259,5 juta.

Terakhir jika dibandingkan dengan harga Hyundai Stargazer, Daihatsu Xenia tipe terendah 1.3 M M/T dibanderol Rp 216,9 juta. Sementara tipe tertinggi 1.5 R CVT ASA SC Rp Rp 274,1 juta. (Dicky Kurniawan| Tempo)

Resmikan Transformasi Sarinah, Jokowi Ungkap Kesan Masa Kini dan Kenangan Saat Kecil

Posted: 14 Jul 2022 07:44 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan transformasi Sarinah di Sarinah, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. Saat menyampaikan sambutannya, Presiden mengenang Sarinah sebagai sebuah ikon penting bangsa yang merekatkan ingatan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi, termasuk memori Presiden Jokowi saat bersama kakeknya.

"Saya ingat betul tahun '70-an, saya diajak kakek saya datang di Sarinah ini. Mungkin tahun '73-'74, dan saat itu yang ada eskalatornya memang hanya di Sarinah. Saya naik turun, naik turun, senang betul. Naik turun, naik turun senang sekali. Inilah hal-hal yang meninggalkan memori, yang mengesankan kita semua. Masyarakat dari daerah datang ke Jakarta pasti akan ke Sarinah," kenang Presiden.

Menurut Presiden, Sarinah memiliki sejarah dan makna yang luar biasa. Pusat perbelanjaan tersebut digagas oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dengan misi besar yang sangat mulia yaitu untuk kegiatan perdagangan barang-barang lokal, produk-produk dalam negeri Indonesia. "Inilah yang akan kita teruskan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meninjau beragam produk yang telah dikurasi dengan teliti, kemudian dipajang dengan penataan yang sangat detail. Menurut Presiden, kerja-kerja profesional seperti itu harus diapresiasi dan dihargai.

"Inilah the new Sarinah yang telah bertransformasi dan kita senang hari ini kita resmikan, tetapi empat bulan sebelum ini sudah berapa Pak Erick? Lima juta pengunjung telah datang di Sarinah," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden pun berpesan agar transformasi Sarinah bukan hanya berupa bangunan fisiknya saja, tetapi juga melingkupi semangat, strategi, komitmen, dan cara kerjanya agar Sarinah ke depan selalu menjadi ikon bangsa. Selain itu, Sarinah juga diharapkan memberikan multiplier effect bagi para perajin seni budaya dan utamanya pengusaha produk-produk dalam negeri yang kualitasnya sangat baik.

"Tadi kita lihat sepatu yang kualitasnya sangat bagus, harganya sangat mahal, nggak apa-apa memang kualitasnya bagus harganya harus mahal. Ada produk-produk tenun, ada produk-produk batik yang harganya mahal, ya memang harus mahal. Jangan dijual barang-barang dengan kurasi yang baik, hasil yang sangat bagus seperti itu dengan tangan dijual dengan harga murah. Agar kita selalu bangga dan kita membeli dan menggunakan lebih banyak produk-produk bangsa kita sendiri untuk memenangkan persaingan global," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur DKI Jakarta, serta sejumlah direktur dan komisaris BUMN. (Setpres)

Bank Dunia Minta Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekspor

Posted: 14 Jul 2022 06:42 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menerima delegasi Bank Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. Delegasi yang hadir yakni Axel van Trotsenburg selaku Managing Director of Operations, Manuela V. Ferro selaku Regional Vice President East Asia and Pacific, serta Satu Kahkonen selaku Country Director Indonesia and Timor-Leste.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Bank Dunia mengucapkan selamat atas presidensi G20 Indonesia. Delegasi Bank Dunia juga menaruh banyak harapan pada Indonesia dalam presidensi G20 kali ini.

"(Bank Dunia) menaruh banyak harapan yang dapat dilakukan Indonesia dengan kesempatan presidensi ini. Kemudian Bapak Presiden mengatakan, berharap nanti ada komunike yang bisa dihasilkan dalam pertemuan akan datang di Bali," ujar Menteri PPN dalam keterangannya selepas pertemuan

Selain itu, Bank Dunia juga memberikan penilaian yang positif atas perkembangan ekonomi Indonesia saat ini. Di antara negara-negara yang sekarang sedang menghadapi situasi yang serba sulit, Indonesia relatif bisa menjaga stabilitas perekonomian dengan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi pada level sekitar 5 persen.

"Mudah-mudahan bisa mencapai di atas 5 persen pada tahun ini dan kita sudah buktikan pada setidak-tidaknya semester pertama ini mungkin mendekati di atas 5,1 persen," imbuhnya.

Selanjutnya, Bank Dunia juga menyarankan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonominya dari sumber-sumber lain, misalnya dari ekspor. Terkait ekspor, Bank Dunia menilai perlu sebuah reformasi struktural yang dapat menekan tarif.

"Jadi tariff barrier itu kalau bisa dikurangi dan dengan demikian Indonesia punya sumber pertumbuhan yang lain selain investasi yang sekarang sudah dilakukan," ucap Suharso.

Bank Dunia juga menyatakan komitmennya untuk mendukung Indonesia dalam hal keamanan pangan dan transisi energi, termasuk memuji Indonesia yang telah menyiapkan peta jalan untuk ekonomi hijau ke depan.

"Sudah dilakukan secara bertahap dan kemudian juga telah menyatakan komitmen Bank Dunia mendukung pembiayaan di energi, blue economy, food security, mangrove, dan climate change, kira-kira sekitar USD1,6 miliar," tandasnya.

Turut pula mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Setpres)

Kesan dan Harapan Para Orang Tua Penerima Adhi Makayasa Tahun 2022

Posted: 14 Jul 2022 06:27 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Rasa syukur tak henti-hentinya diucapkan oleh Sri Khusniyati, seorang guru dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang berhasil mengantarkan putranya Jeremia Zophie Pramudya sebagai seorang perwira TNI Angkatan Udara. Tidak hanya dilantik sebagai perwira, Jeremia juga berhasil menerima penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Udara.

"Masyaallah, alhamdulillah ya Allah. Anak saya mendapat penghargaan ini atas rida Allah, atas doa semua keluarga, atas doa semua pendidik-pendidik semua, terima kasih kepada semuanya," ujar Sri Khusniyati saat ditemui usai upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022.

Sri Khusniyati menjelaskan bahwa ia dan keluarganya merupakan masyarakat biasa yang tidak mengetahui dan tidak pernah berhubungan dengan dunia militer. Sri sehari-hari bekerja sebagai tenaga pendidik di sebuah sekolah dasar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedangkan suaminya Esron Purba merupakan seorang pedagang pakan ternak di Cilodong, Depok. Sri pun mengaku terkejut ketika tekad dan keinginan Jeremia menjadi seorang perwira dapat tercapai dengan baik.

"Mohon maaf apa Adhi Makayasa saya tidak tahu awalnya. Anak saya setiap kali ujian, setiap kali samapta 'Gimana nak, lulus? Lulus, gimana nilai? Yang penting lulus,' tidak pernah memberi tahu bagaimana hasilnya. Tapi waktu kemarin saya sempat kaget karena saat saya mau masuk, dari dosen, dari staf-staf semua mengucapkan selamat kalau anak kami mendapat beberapa penghargaan. Itu di luar jangkauan nalar kami," ungkapnya.

Melalui penghargaan tersebut, Sri berharap Jeremia dapat menjadi perwira TNI yang dapat memberikan manfaat bagi negara, bangsa, dan masyarakat Indonesia.

"Kami orang tua, karena ini semua rida Allah, sesuatu yang luar biasa untuk kami, kami mengharapkan anak kami bisa bermanfaat untuk negara, bangsa, dan juga masyarakat Indonesia juga dapat berbuat baik yang lebih banyak lagi," ucap Sri.

Senada, Donna Mutis yang merupakan orang tua dari Elang Tri Esthi Fitrananda juga menyampaikan harapannya agar Elang dan para perwira lainnya dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik. Elang merupakan penerima penghargaan Adhi Makayasa yang merupakan lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Laut.

"Harapan kami sebagai orang tua dan itu menjadi pesan kami bahwa jalankan tugas sebagai seorang anggota TNI dengan sebaik-baiknya, kalau menjalankan tugas dengan baik, pasti hasilnya terbaik," ujar Donna Mutis.(Setpres)

Empat Perwira Perahi Pengahargaan Adhi Makayasa Sampaikan Harapannya

Posted: 14 Jul 2022 06:21 AM PDT



JAKARTA, LELEMUKU.COM - Seusai mengikuti Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022, empat perwira peraih penghargaan Adhi Makayasa (lulusan terbaik) menyampaikan kesan dan harapannya setelah disematkan pangkat secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya hormat sampai gemetaran dan saya tidak percaya bahwa saya ada di depan Presiden langsung. Di dalam hati saya berkata 'Ini Presiden, Ini Presiden' sekujur tubuh saya gemetaran sampai saya hanya bisa menatap lurus ke depan sampai tidak bisa menatap Presiden langsung," ucap Jeremia Zophie Pramudiya, perwira TNI AU.

Jeremia pun merasa bangga karena pada kehadirannya pertama kali di lingkungan Istana Kepresidenan bisa sekaligus mengajak kedua orang tuanya.

"Orang tua saya ketika melangkahkan ke sini langsung menangis terharu bahagia bahwa anaknya bisa mencapai Istana Negara dan kedua orang tua saya ikut ke Istana Negara karena anaknya sendiri," tutur Jeremia.

Selain itu, Rafi Naufal, perwira Akademi Militer (Akmil) juga turut menuturkan rasa bangganya bisa mengajak kedua orang tuanya hadir di Praspa TNI-Polri tahun ini.

"Orang tua saya mungkin di dalam sampai menangis, dari geladi sampai sekarang itu menangis karena bangga bisa masuk ke Istana Negara," tuturnya.

Sementara itu, Adira Rizky Nugroho, perwira Akademi Kepolisian (Akpol) turut menyampaikan rasa senang atas pencapaiannya. Adira berharap agar amanah yang telah diberikan bisa terus dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Di samping kebanggaan dan rasa senang suka cita terhadap penghargaan yang saya dapatkan, ada harapan dan juga ada amanah yang harus saya jaga dan semoga bisa saya emban dengan sebaik-baiknya," tutur Adira.

Senada, Elang Tri Esthi, perwira TNI AL, menyebut penghargaan lulusan terbaik tersebut bukan hanya penghargaan baginya, tetapi sebuah tanggung jawab dan amanah yang harus terus dijaga.

"Menjadi Adhi Makayasa tidak sebatas penghargaan bagi kami, namun menjadi sebuah tanggung jawab dan amanah di mana kami harus mempertahankan prestasi kami dan selalu meningkatkan morel kami untuk terus bekerja dan berkarya bagi institusi, TNI AL, TNI, bangsa, dan negara," tuturnya. (Setpres)

Jokowi Berharap Perwira Remaja TNI Polri Terdepan Bisa Hadapi Tantangan Zaman dan Berbagai Krisis

Posted: 14 Jul 2022 06:01 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri yang berjumlah 754 orang dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. Dalam amanatnya, Presiden berharap agar para perwira remaja TNI-Polri bisa menjadi yang terdepan dalam menghadapi tantangan zaman serta berbagai krisis yang menyertainya.

"Saudara-saudara adalah insan muda yang terpilih, insan muda yang teruji, yang sigap dan terampil dalam menghadapi segala tantangan-tantangan. Oleh karena itu saya berharap kepada saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi," ujar Presiden.

Dunia telah dua tahun dilanda pandemi Covid-19 yang hingga kini belum selesai. Setelah itu dunia juga menghadapi krisis pangan, energi, hingga finansial. Berbagai krisis tersebut telah mengakibatkan ratusan juta rakyat dunia kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem. Sebagian belahan dunia juga dilanda perpecahan dan peperangan, instabilitas politik, serta dibayangi radikalisme dan terorisme.

"Kita bersyukur bangsa Indonesia adalah bangsa yang kokoh, kita mempunyai Pancasila yang mempersatukan Indonesia, kita mampu mengendalikan pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi bahkan kita juga mampu masih mampu menjalankan program-program baru," lanjutnya.

Bahkan pada tahun 2022 ini, Kepala Negara melanjutkan, Indonesia memimpin G20, kumpulan 20 negara ekonomi terbesar dunia. Presiden menegaskan bahwa Indonesia akan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama.

"Kita sudah memulai dengan kunjungan saya ke Ukraina dan Rusia bulan yang lalu. Upaya ini akan terus kita lakukan dengan harapan akan membuahkan hasil di KTT G20 November yang akan datang di Bali," imbuhnya.

Kepada para perwira remaja TNI-Polri, Presiden juga mengingatkan bahwa mereka adalah generasi penerus harapan bangsa. Para perwira remaja TNI-Polri juga adalah harapan bangsa untuk melanjutkan misi membawa Indonesia menjadi negara maju yang tumbuh secara inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Sebagai masa depan TNI dan Polri, Presiden mengatakan bahwa para perwira remaja juga harus cakap memahami masa depan, strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan, menguasai teknologi masa depan, pandai dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan masa depan.

"Saatnya saudara untuk menunjukkan prestasi sebagai kesatria tangguh. Tunjukkan integritas dan loyalitas saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Tunjukkan kecerdasan ketangkasan cara untuk menghadapi masa depan. Tunjukkan kemampuan saudara untuk selalu berhasil menjalankan tugas," tegasnya.

"Jadilah pemimpin yang berkarakter menjadi sumber inspirasi dan teladan mengedepankan integritas dan kepentingan negara diatas segala-galanya, mengasah kualitas dan profesionalisme diri, menjaga nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Tribrata, dan Catur Prasetya Polri, mengabdi untuk Pancasila, Undang-undang dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.

Di akhir amanatnya, Presiden mengingatkan bahwa kehormatan yang diraih para perwira remaja TNI-Polri hari ini bukanlah hasil jerih payah mereka sendiri. Menurut Presiden, tanpa pengorbanan dari para orangtua dan tanpa dukungan negara, para perwira remaja bukanlah siapa-siapa.

"Oleh karena itu berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya, berbaktilah kepada orangtua saudara untuk mohon doa dan restunya. Selamat bertugas para patriot muda Indonesia. Jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI-Polri. Teruslah berjuang untuk negeri tercinta. Berdirilah di Garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya," tandasnya. (Setpres)

Pimpin Upacara Prasetya Perwira, Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri

Posted: 14 Jul 2022 05:46 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 754 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Muhammad Arief Rachman (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Patih Agung Purba (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Jeremy Hugo Farrel Suryadi (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan Kadek Ayu Widya Lestari (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/Polri Tahun 2022.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Rafi Naufal Afriansyah dari Akademi Militer, Elang Tri Esthi Fitrananda dari Akademi Angkatan Laut, Jeremia Zophie Pramudya dari Akademi Angkatan Udara, dan Adira Rizky Nugroho dari Akademi Kepolisian.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas pelantikan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut. Presiden memahami bahwa perjuangan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut sangat berat dan panjang.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan Saudara-Saudara para perwira, para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri," ujar Presiden.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2022 adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. (Setpres)

Ketua OJK Wimboh Santoso Puji Jokowi Atas Kebijakan Penanganan COVID-19

Posted: 13 Jul 2022 07:41 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menerima Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 13 Juli 2022. Dalam keterangannya, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengapresiasi kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengeluarkan kebijakan strategis khususnya selama menghadapi pandemi Covid-19.

"Berkat instruksi Bapak Presiden, kita Indonesia bisa menangani Covid dengan baik, bisa mendapatkan vaksin dengan cukup, mendistribusikan dengan cepat, sehingga masyarakat bisa tidak terkendala dengan adanya Covid yang kemarin wabah di 2020 itu," ujar Wimboh.

Wimboh menyebutkan dalam dua tahun terakhir, dunia termasuk Indonesia menghadapi kondisi luar biasa yang tidak diprediksi sebelumnya. Pemerintah saat itu, menurut Wimboh, mampu menangani pandemi Covid-19 dengan baik sehingga kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai.

"(Masyarakat) bisa melakukan aktivitas kembali sebagaimana ditunjukkan bahwa ekonomi kita sudah mencapai 5,1 persen di Q1 2022 secara year on year kemarin," lanjutnya.

Selain itu, Wimboh menyampaikan ucapan terima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi menjaga perekonomian nasional melalui kebijakan strategis yang dikeluarkan pemerintah. Menurutnya, melalui kebijakan yang dikeluarkan selama pandemi Covid, geliat perekonomian masyarakat mampu berjalan kembali.

"Kami juga melakukan sinergi yang baik antara kebijakan fiskal juga untuk Menteri Keuangan, kebijakan moneter Bank Indonesia yang kita bisa memberikan satu orkestra kebijakan yang mempunyai dampak positif kepada stabilitas sistem keuangan Indonesia," tambahnya.

Untuk diketahui, masa jabatan anggota Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022 akan berakhir pada tahun ini. Wimboh berharap anggota dewan komisioner selanjutnya dapat terus menjaga stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

"Tentunya OJK, kebijakan-kebijakannya akan tetap kontributif kepada pembangunan ekonomi nasional terutama bagaimana mendukung UMKM ini menjadi suatu pendukung ekonomi kita," tandasnya. (Setpres)

Jokowi Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Daring untuk Dongkrak Omzet

Posted: 13 Jul 2022 07:14 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKUCOM - Presiden Joko Widodo mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menjual produknya dengan memanfaatkan platform daring guna mendongkrak omzet jualannya. Hal itu disampaikan Presiden usai mendengar cerita sejumlah pengusaha mikro yang sukses meningkatkan usahanya dengan menggunakan berbagai aplikasi daring pada acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan Tahun 2022 di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022.

Wageningtyas, seorang ibu yang sehari-hari berjualan roti bakar Bandung bercerita bahwa omzet dagangannya saat ini sudah mencapai Rp1 juta per hari. Kepada Presiden Jokowi, ia menuturkan kunci suksesnya tersebut adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi daring, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Omzet sekarang sudah mencapai 1 juta per hari. Berkat online Pak jadi selama pandemi kami usaha ini terbantu dengan aplikasi online," ujar Wage, panggilan ibu tersebut.

"Jadi yang namanya digitalisasi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah itu sekarang ini wajib. Jadi Bapak, Ibu, yang belum masuk marketingnya ke dunia online, segera masuk ke aplikasi, apapun platformnya. Ibu jualan online lewat apa?" ujar Presiden Jokowi menanggapi.

"Ada Gojek, ada Grab, Traveloka Eats, ada Shopee, satu lagi Asia Food Pak, tapi belum beredar," jawab Wage.

Presiden pun meminta para pelaku UMKM yang hadir untuk mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Wage agar kesempatan untuk memasarkan produknya menjadi terbuka lebar. Namun, Kepala Negara mengingatkan agar para pelaku usaha juga turut meningkatkan kesiapan produksinya jika memasarkan produknya lewat aplikasi daring.

"Tetapi ingat, kalau sudah yang namanya masuk ke pasar online kesiapan produksi harus betul-betul siap. Jangan sampai kita hanya produksi bisa 100, nanti pesanannya 10 ribu. Ada banyak kejadian seperti itu dan tidak siap. Jadi harus mempersiapkan diri kalau ordernya banyak. Saya kira bagus bisa masuk ke pasar-pasar online," jelasnya.

Cerita serupa datang dari Ngadimin, seorang penjual mie ayam asal Bojonegoro yang juga berhasil meningkatkan usahanya dengan memanfaatkan aplikasi daring. Amin, demikian ia biasa disapa, menuturkan bahwa ia juga mendapatkan omzet antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta per harinya dan 90 persen di antaranya dihasilkan dari pesanan lewat aplikasi daring.

"Omzet sekitar 500rb sampai 1 juta. Alhamdulillah berkat online. Justru omzet saya 90 persen itu online," ujar Amin saat berdialog dengan Presiden Jokowi.

"Hati-hati yang berjualan makanan sekali lagi, gunakan yang namanya platform online. Gunakan. Contoh Pak Amin tadi. Kalau barangnya bagus, rasanya enak, packaging-nya bagus, menjual lewat online itu adalah paling cepat. Apalagi yang dijual ini barangnya khas, punya karakter, seperti tadi cemilan khas Minang. Hal-hal seperti itu yang menjadi pembeda, ada diferensiasinya, itu yang akan cepat," ungkap Presiden Jokowi.

Amin juga bercerita bahwa adanya berbagai platform daring tersebut membuatnya tidak perlu memiliki kios di lokasi yang strategis untuk berjualan. Saat memulai usahanya, Amin berjualan mie ayam dari rumah yang ia sewa.

"Awal usaha kan waktu pandemi dua tahun yang lalu, saya awal-awal mikir kalau untuk usaha itu susah karena harus sewa tempat yang strategis itu kan mahal. Berkat ada online Grab, saya jualnya hanya di kontrakan saja, awal buka di kontrakan, begitu peminatnya bagus alhamdulillah akhirnya sekarang bisa sewa kios walaupun kecil. Itu pun 90 persen (pesanan) masih online semua," tuturnya.

"Ya bagus. Semuanya dimulai dari kecil dan kalau sudah pasarnya terbuka akan menjadi masuk ke menengah, masuk ke besar. Semuanya pasti dimulai dari hal-hal yang kecil," tandas Presiden Jokowi. (Setpres)

Beri Sambutan Pemberian NIB, Jokowi Tekankan Pentingnya Izin Bagi UMKM

Posted: 13 Jul 2022 06:59 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memiliki izin berusaha dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Presiden mengingatkan bahwa UMKM memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja di Tanah Air.

Demikian disampaikan Presiden dalam sambutannya pada acara Pemberian NIB Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan Tahun 2022 di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022.

"Kita memiliki 65,4 juta UMKM, sekali lagi 65,4 juta UMKM ini data per 2021 dan kontribusi terhadap perekonomian kita, PDB kita, besar sekali 61 persen, besar sekali. Oleh sebab itu pemerintah kalau enggak mengurus UMKM, keliru, salah besar. Karena kontribusi terhadap ekonomi nasional 61 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen itu di UMKM, bukan yang gede-gede, ini perlu dicatat," ucap Presiden.

Kepala Negara menginstruksikan pemerintah daerah untuk mendorong pengusaha UMKM segera mendapatkkan NIB. Presiden pun akan kembali memastikan bahwa proses pengajuan NIB sudah lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

"Yang namanya izin ini penting sekali, saya sudah cek saat itu waktu OSS (Online Single Subsmission) jadi, apakah benar yang namanya NIB ini cepat, Nomor Induk Berusaha ini cepat kalau kita ingin mengajukan. Saat itu saya melihat cepat tapi nanti mau saya cek lagi apakah sampai saat ini masih cepat kalau kita minta nomor induk berusaha," ucap Kepala Negara.

"Sekarang sudah sampai angka 7 ribu sampai 8 ribu per hari, tapi yang saya minta bukan angka 7 ribu 8 ribu per hari. Yang saya minta 100 ribu per hari izin harus keluar," tambah Presiden.

Selanjutnya, Presiden menyebut bahwa NIB dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM salah satunya dalam mendapatkan bantuan usaha mikro dari pemerintah dan memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Ajak mereka semuanya pegang NIB, biar kalau mau ambil kredit di bank mudah. Kalau nanti ada bantuan untuk usaha-usaha mikro dari pemerintah juga mudah, kita buka sudah semuanya ketemu. Karena semuanya pegang NIB. Kalau enggak ada ini kita mencari ke lapangan juga akan sangat sulit pemerintah kalau ingin membantu," ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mendorong para pelaku UMKM untuk segera meningkatkan kualitas produk yang dijual, mulai dari kemasan, desain, dan material yang digunakan agar dapat segera masuk ke pasar ekspor. Presiden mengaku senang karena saat ini banyak terdapat produk UMKM yang menuju pada kualitas yang lebih baik.

"Ini semuanya harus diteruskan agar level kita meningkat ke level yang lebih tinggi dan akhirnya nanti produk-produk seperti itu akan mudah sekali untuk masuk ke pasar ekspor. Hati-hati, sekarang batas antarnegara itu sudah tidak ada, ekspor ke semua negara sangat mudah sekali," tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid.(Setpres)